KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL GENERATIF BERBANTUAN MEDIA WORD

Rachmawati, Evri and Sulistiyono, Roni and Widyastuti, Nur Sri (2020) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL GENERATIF BERBANTUAN MEDIA WORD. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 28. evri rachmawati (1395-1408).pdf] Text
28. evri rachmawati (1395-1408).pdf

Download (476kB)

Abstract

Manusia melakukan interaksi social sehingga menimbulkan masalah yang harus diselesaiakan. Penyelesaian masalah dapat dilakaukan secara matematis (Johar, 2012). Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan yang disampaikan dalam Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) bahwa tujuan pendidikan dalam pembelajaran matematika di SD tentang Standar Isi yaitu: memahami konsep matematika, menggunakan penalaran pada pola dan sifat, memecahkan masalah, dan mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah (BSNP, 2006, p.148). Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan dan respon siswa dalam memecahkan persoalan matematis menggunakan model Generatif berbantuan media Word Wall. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini siswa kelas VC SDIT Ar Raihan tahun ajaran 2020/2021. Objek penelitian ini adalah kemampuan dan respon siswa kelas VC SDIT Ar Raihan dalam memecahkan persoalan matematis menggunakan model Generatif berbantuan media Word Wall. Penelitian ini menggunakan teknik tes dan angket. Untuk menganalisis data menggunakan rata-rata, persentase dan skala likert. Hasil penelitian mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai siklus II. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada aspek memahami masalah berada pada kualifikasi sangat baik, aspek membuat rencana dan melaksanakan rencana pemecahan masalah berkualifikasi baik serta menafsirkan hasil yang diperoleh berada pada kualifikasi cukup. Sehingga rata-rata kemampuan siswa dalam memecahkan persoalan matematis menggunakan model Generatif berbantuan media word wall secara umum dalam kualifikasi baik. Analisis data respon siswa terhadap pembelajaran matematika materi kecepatan dengan model Generatif berbantuan media word wall menggunakan skala Likert menunjukkan kualifikasi setuju. Hal ini karena membuat siswa semangat belajar dimasa pandemi ini.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Roni Sulistiyono
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:34
Last Modified: 30 Nov 2020 04:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21485

Actions (login required)

View Item View Item