PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI DAYUHARJO

Putri, Dwi Puspita Sari and Sulistiyono, Roni and Widyastuti, Nur Sri (2020) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI DAYUHARJO. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 30. DWI PUSPITA SARI PUTRI (1422-1430).pdf] Text
30. DWI PUSPITA SARI PUTRI (1422-1430).pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ativitas belajar peserta didik dalam pembelajaran daring yang menyebabkan rendahnya hasil belajar pada penilaian tengah semester yang dicapai oleh peserta didik kelas V SD Negeri Dayuharjo Ngaglik Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik dengan menggunakan model problem based learning pada peserta didik kelas V SD Negeri Dayuharjo Ngaglik Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas V SD Negeri Dayuharjo Ngaglik Kabupaten Sleman yang berjumlah 25 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 40%, pada siklus I sebesar 52%, sedangkan pada siklus II sebesar 78,7%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar dari pra tindakan sebesar 56,86, siklus I sebesar 67,18, sedangkan pada siklus II sebesar 75,2. Begitu juga aktivitas belajar siswa dari siklus I juga mengalami kenaikan pada siklus II. Dari siklus I rata-rata indikator aktivitas belajar 69,3% pada siklus II menjadi 80,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learningpada pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Roni Sulistiyono
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:34
Last Modified: 30 Nov 2020 04:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21487

Actions (login required)

View Item View Item