PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IVA SD UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL

Windarti, Atik and Pambudi, Dholina Inang and Asiyah, Yeni Nur (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IVA SD UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 32. ATIK WINDARTI (1441-1452).pdf] Text
32. ATIK WINDARTI (1441-1452).pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model problem-based learning kelas IVA SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah kelas IVA SD Unggulan Aisyiyah Bantul yang berjumlah 14 anak. Desain PTK yang digunakan adalah model Kemmis and Mc.Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan tes. Analisis yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa yaitu siklus I sebesar 64% meningkat pada siklus II menjadi 86%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,71 dan siklus II sebesar 82,14. Keaktivan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I presentase aktivitas belajar siswa adalah sebesar 55% dan siklus II sebesar 75,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem-based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Dholina Inang Pambudi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:36
Last Modified: 30 Nov 2020 04:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21489

Actions (login required)

View Item View Item