PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA MELALUI MODEL “ZOO WA ZOO”

Jannah, Mailatul and Martaningsih, Sri Tutur and Sukardi, Sukardi (2020) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA MELALUI MODEL “ZOO WA ZOO”. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 33. Mailatul Jannah (1253-1267).pdf] Text
33. Mailatul Jannah (1253-1267).pdf

Download (637kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar daring pada peserta didik kelas VI SD Muhammadiyah Bantul Kota melalui model “Zoo Wa Zoo”. Model “Zoo Wa Zoo” merupakan model pembelajaran yang diadaptasi dari teori Brain Based Learning. Model “Zoo Wa Zoo” terdiri atas tiga tahap yaitu pembukaan dasar melalui Zoom (Zoo), pelaksanaan diskusi melalui WA (Wa), dan publikasi dan perayaan melalui Zoom (Zoo). Latar belakang diadakannya penelitian ini di SD Muhammadiyah Bantul Kota adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah peserta didik kelas VI SD Muhammadiyah Bantul Kota yang berjumlah 32 siswa. Objeknya adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar daring menggunakan model “Zoo Wa Zoo” pada peserta didik kelas VI B SD Muhammadiyah Bantul Kota. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas guru yang dibuktikan dengan persentase kenaikan dari siklus pertama ke siklus kedua, dari total skor 64 menjadi 76. Motivasi belajar peserta didik meningkat dari pratindakan 46,56% menjadi 79,4% pada siklus pertama dan 90,95% pada siklus kedua. Hasil belajar peserta didik meningkat sebagai dampak dari meningkatnya motivasi belajar peserta didik, dibuktikan dengan persentase ketuntasan belajar dari 50% saat pratindakan menjadi 72% pada siklus pertama dan 97% pada siklus kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model “Zoo Wa Zoo” dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran daring.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Sri Tutur Martaningsih
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:36
Last Modified: 30 Nov 2020 04:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21490

Actions (login required)

View Item View Item