PENINGKATAN PEMAHAMAN SAINS MELALUI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN VIDEO PADA SISWA KELAS VI SDN SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA

Aji, Fajar Kurnia and Sudaryanto, Sudaryanto and Dian, Dede (2020) PENINGKATAN PEMAHAMAN SAINS MELALUI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN VIDEO PADA SISWA KELAS VI SDN SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 35. Fajar Kurnia Aji (1475-1489).pdf] Text
35. Fajar Kurnia Aji (1475-1489).pdf

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman sains melalui pembelajaran daring berbasis problem based learning dengan video pembelajaran pada siswa kelas VI SDN Surokarsan 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas VI SDN Surokarsan 2 Yogyakarta yang berjumlah 28 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase pemahaman sains, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pratindakan dan setiap siklus, yaitu pada pratindakan sebesar 32,14%, pada siklus I sebesar 50%%, sedangkan pada siklus II sebesar 85,71%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sebesar 61,25, siklus I sebesar 69,29, sedangkan pada siklus II sebesar 76,07. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan video pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman sains.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Sudaryanto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:36
Last Modified: 30 Nov 2020 04:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21492

Actions (login required)

View Item View Item