MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SD 4 SOCO KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS

Partono, Joko and Wulandari, Yosi and Indyastuti, Purwani (2020) MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SD 4 SOCO KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 7. joko partono (1551-1559).pdf] Text
7. joko partono (1551-1559).pdf

Download (319kB)

Abstract

Pemilihan multimedia interaktif sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 SD 4 Soco kecamatan Dawe Kabupaten kudus dalam pembelajaran daring ialah rendahnya hasil belajar siswa yang mayoritas mendapatkan nilai dibawah KKM. Penelitian ini merupakan kegiatan untuk mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain putaran spiral. Model ini terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1) Perencanaan (planning), 2) Pelaksanaan tindakan (action), 3) pengamatan (observation), dan 4) refleksi (reflection). Subjek kegiatan penelitian ini ada siswa kelas 6 SD 4 Soco Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus sebanyak 11 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes dan pengamatan. Instrumen yang digunakan adalah evaluasi pembelajaran menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa kelas 6 SD 4 Soco kecamatan Dawe Kabupaten kudus dalm pembelajaran Daring. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang semula pada kegiatan prasiklus hanya 9,09% menjadi 36,36% pada siklus 1 dan 90,91% pada siklus 2. Selain itu, nilai rata –rata juga mengalami peningkatan mulai dari prasiklus 52,73, pada siklus 1 menjadi 60,91 dan pada siklus 2 menjadi 85,45. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat diterapkan oleh guru kelas serta dapat digunakan sebagai referensi dalam melaksanakan penelitian-penelitian berikutnya.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Yosi Wulandari
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:42
Last Modified: 14 Dec 2020 05:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21570

Actions (login required)

View Item View Item