PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT BAGI SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Triyono, Triyono and Retnasari, Lisa and Supriyadi, Amroni (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT BAGI SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 19. tri yono (1592-1600).pdf] Text
19. tri yono (1592-1600).pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi hasil belajar matematika tentang kesetaraan pecahan mata uang di kelas 2 SD Negeri Sutopati 2 dengan menggunakan media interaktif power point. Adapun Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang dilaksanakan pada bulan November 2020. Setiap siklus terdiri dari : Perencanaan (planing), Pelaksanaan (action), Pengamatan (observing) dan refleksi (reflekting), Subyek penelitian ini adalah 28 siswa kelas 2A SD Negeri Sutopati 2 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang semester I tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peningkatan tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas KKM ada 13 siswa dari 28 siswa, prosentasi ketuntasan belajar 46,79%, dengan rata-rata kelas 66,79, pada siklus II siswa yang mendapat nilai tuntas KKM ada 25 siswa prosentase ketuntasan belajar menjadi 89,29% dengan rata-rata kelas 80,71. Dari siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan baik keterampilan maupun pemahaman subyek penelitian tentang kesetaraan pecahan mata uang. Disimpulkan bahwa penggunaan media power point dapat meningkatkan prestasi hasil belajar matematika kesetaraan pecahan mata uang

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Lisa Retnasari
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Biro Admisi Akademik (BAA) > EPSBED (publik)
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:56
Last Modified: 15 Dec 2020 05:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21574

Actions (login required)

View Item View Item