PENGGUNAAN BENDA KONKRET SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Riyana, Septi and Retnasari, Lisa and Supriyadi, Amroni (2020) PENGGUNAAN BENDA KONKRET SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 22. Septi Riyana (1623-1629).pdf] Text
22. Septi Riyana (1623-1629).pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menghitung pada pembelajaran tematik siswa kelas 1 menggunakan benda konkrit Sd Negeri 2 Bowongso. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas I SD Negeri Negeri 2 Bowongso Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 25 siswa. Desain PTK menggunakan penggunaan media benda konkret untuk meningkatkan keterampilan menghitung pada mata pelajaran Tematik Tema 3 SubTema 3 Muatan Pelajaran Matematika bagi siswa kelas 1 SD Negeri 2 Bowongso. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menghitung, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 48%, pada siklus I sebesar 60%, sedangkan pada siklus II sebesar 96%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sebesar 61,6, siklus I sebesar 66, sedangkan pada siklus II sebesar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan keterampilan menghitung pada pembelajaran Tematik siswa kelas 1 Sekolah Dasar.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Lisa Retnasari
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:55
Last Modified: 15 Dec 2020 05:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21579

Actions (login required)

View Item View Item