PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN KARANGMULYA 01

Khotiroh, Khotiroh and Istiandaru, Afit and Sulistiowati, Erna (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN KARANGMULYA 01. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 26. Khotiroh (1642-1651).pdf] Text
26. Khotiroh (1642-1651).pdf

Download (413kB)

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran bercerita di kelas II SD Negeri Karangmulya 01 didapati rendahnya minat bercerita. Hal ini dapat dilihat pada siswa kurang termotivasi untuk bercerita kemudian susah memahami dan tidak berani bercerita di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita dengan menggunakan media gambar dan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri Karangmulya 01 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas II SD Negeri Karangmulya 01 yang berjumlah 28 siswa. Desain PTK menggunakan pendeketan scientific yang meliputi perencanaan, pelaksanana, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil pelaksanakan tindakan dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran bercerita pada siklus I ternyata dapat mengalami peningkatan yaitu mencapai 67, 68% dan pada siklus juga meningkat yaitu mencapai 76, 96% hal ini menunjukan bahwa penggunaan media gambar pada pembelajaran bercerita dapat meningkat serta dapat memotivasi dan mengatifkan siswa untuk bercerita dan perencaan pembelajaran pada setiap siklusnya juga harus sesuai dengan kriterianya. Berdasarkan kesimpulan tersebut, bahwa memilih cerita sesuai dengan karakteristik siswa dengan pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan bercerita.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Afit Istiandaru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:55
Last Modified: 15 Dec 2020 05:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21582

Actions (login required)

View Item View Item