PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 02 BANJARSARI PEMALANG

Handayani, Tatik and Istiandaru, Afit and Sulistiowati, Erna (2020) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 02 BANJARSARI PEMALANG. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 27. Tatik Handayani (1652-1661).pdf] Text
27. Tatik Handayani (1652-1661).pdf

Download (390kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui model Discovery Learning media audio visual pada peserta didik kelas II bertujuan memecahkan permasalahan nyata yang terdapat di dalam kelas sehingga mampu terciptanya kualitas pembelajaran yang baik. PTK ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi bangun ruang pada siswa kelas II di SD Negeri 02 Banjarsari Pemalang. Agar dapat tercapainya hasil yang maksimal, pendidik dapat gunakan konsep pembelajaran yang mampu membantu siswa menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata, sehingga proses pembelajaran yang menggunakan konsep tadi akan lebih punya daya tarik tersendiri untuk peserta didik kelas II. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 77,78 dan persentase tuntas belajar klasikal 77,78%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 84,44 dan persentase tuntas belajar klasikal menjadi 88,89%. Capaian ini didapatkan ketika pendidik melakukan suntingan pada tes formatif serta penggunaan media belajar yang menarik. Bersumber pada hasil yang tercantum bisa disimpulkan model Discovery Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan interpretasi konsep bangun ruang pada siswa. Pendidik dapat mencadangan konsep Discovery Learning sebagai prefensi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar di sekolah.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Afit Istiandaru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:55
Last Modified: 15 Dec 2020 05:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21585

Actions (login required)

View Item View Item