MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEKERJAAN ORANG TUAKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SD N PENGABEAN 01 BREBES

Putri, Avri Yustitia and Istiandaru, Afit and Sulistiowati, Erna (2020) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEKERJAAN ORANG TUAKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SD N PENGABEAN 01 BREBES. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 28. Avri Yustitia Putri (1662-1671).pdf] Text
28. Avri Yustitia Putri (1662-1671).pdf

Download (476kB)

Abstract

Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sangat penting dimiliki oleh siswa untuk mendapatkan hasil yang optimal, akan tetapi aktivitas belajar siswa kelas IV SD N Pengabean 01 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah belum maksimal hal ini ditunjukan dengan rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar pelajaran IPS materi Pekerjaan Orang Tuaku pada semester I tahun pelajaran 2020/2021 di SD N Pengabean 01 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan sebuah penilitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah apakah model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. PTK berlangsung sampai 2 siklus, setiap siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif dengan membandingkan data kondisi awal / pre siklus, data siklus pertama dan data siklus kedua diikuti oleh refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa telah ada peningkatan tingkat keaktifan siswa dari kondisi awal, siklus I dan siklus II, dimana ada peningkatan siswa sangat aktif yang semula 6,25 % meningkat menjadi 62,5 persen, sedangkan siswa yang kurang aktif menurun yang semula 62,5 % menjadi 6,25 %. Adapun hasil belajar pada kondisi awal terdapat siswa sebanyak 12 orang yang mendapatkan nilai dibawah KKM sebesar 70, yang berarti pembelajaran belum tuntas karena kurang dari 75 % siswa yang memenuhi KKM. Selanjutnya, pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 70 sebanyak 1 siswa (6,25 %) dinyatakan belum tuntas dalam belajar, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM terdapat 15 siswa (93,75 %), sehingga hal ini menggambarkan proses pembelajaran secara garis besar dinyatakan tuntas hal ini dikarenankan persentase siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 93,75%. Kesimpulan dari penelitian pendekatan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Powerpoint ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS Materi Pekerjaan Orang Tuaku kelas IV SD N Pengabean 01 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Afit Istiandaru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:54
Last Modified: 15 Dec 2020 05:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21589

Actions (login required)

View Item View Item