PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD NEGERI LUMINGSER 02 MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT

Nurfitri, Dewi and Istiandaru, Afit and Sulistiowati, Erna (2020) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD NEGERI LUMINGSER 02 MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 34. Dewi Nurfitri (1725-1740).pdf] Text
34. Dewi Nurfitri (1725-1740).pdf

Download (473kB)

Abstract

Motivasi belajar berperan signifikan dalam proses tercapainya tujuan pembelajaran dan juga mempegaruhi serta dipengaruhi oleh aspek kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik. Namun dalam praktiknya motivasi siswa SD Negeri Lumingser 02 masih tergolong rendah, terlihat dari aktifitas siswa saat pelaksanaan pembelajaran yang cenderung kurang fokus pada materi yang guru sampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning berbantukan media power point pada siswa kelas 1 SD Negeri Lumingser 02. Penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas 1 SD Negeri Lumingser 02 yang berjumlah 14 siswa. Peneliti menggunakan model Kemmis dan Taggart sebagai desain PTK meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Melalui observasi, tes, dan dokumentasi, peneliti melakukan pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar, dapat dilihat dari persentase capaian hasil belajar siswa dengan berpedoman pada KKM muatan pelajaran, yaitu pada siklus I persentase siswa tuntas 14% sedangkan pada siklus II persentase siswa tuntas 93 %. Peningkatan persentase pada motivasi belajar siswa juga meningkat. Dari siklus I berdasarkan kualifikasi motivasi sangat termotivasi 0%, termotivasi 21% , cukup motivasi 43% dan kurang motivasi 36% pada siklus II prosentase sangat termotifasi 21%, termotifasi 72%, cukup termotivasi 7% dan kurang termotivasi 0% dibuktikan dari hasil tes dan observasi yang peneliti lakukan pada akhir siklus II. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media power point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Siklus, Motivasi, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Power Point.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Afit Istiandaru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:54
Last Modified: 15 Dec 2020 05:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21590

Actions (login required)

View Item View Item