UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KOSAKATA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN KARTU HURUF BAGI SISWA KELAS 1 SD NEGERI TAMBAKBOYO 01

Masruroh, Masruroh and Istiandaru, Afit and Sulistiowati, Erna (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KOSAKATA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN KARTU HURUF BAGI SISWA KELAS 1 SD NEGERI TAMBAKBOYO 01. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of 29. Masruroh (1672-1682).pdf] Text
29. Masruroh (1672-1682).pdf

Download (423kB)

Abstract

Kemampuan membaca sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik di setiap jenjang pendidikan, terlebih di jenjang Sekolah Dasar yang merupakan awal mula dari semua jenjang pendidikan tersebut. Dengan kemampuan membaca yang baik maka akan tercapai hasil belajar yang baik pula. Namun demikian, kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Tambakboyo 01 masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca kosakata dengan metode demonstrasi berbantu kartu huruf pada kelas 1 SD Negeri Tambakboyo 01. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah kelas 1 SD Negeri Tambakboyo 01 Kecamatan Reban Kabupaten Batang yang berjumlah 8 siswa. Penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi yang merupakan bagian dari model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase kemampuan membaca siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 hanya 63% siswa yang tuntas KKM dengan nilai rata-rata kemampuan membaca siswa 73, sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 88% siswa yang tuntas KKM dengan nilai rata-rata 88. Peningkatan ini berhasil dicapai karena guru melakukan perbaikan pembelajaran pada aspek media pembelajaran, metode pembelajaran dan model pembelajaran. Dalam hal ini penulis menggunakan media kartu huruf, metode yang digunakan adalah demonstrasi dan model pembelajaran yang digunakan adalah cooperative learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi berbantu kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca kosakata siswa SD Negeri Tambakboyo 01.

Item Type: Artikel mahasiswa
Keyword: Afit Istiandaru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Sertifikasi Guru
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:54
Last Modified: 15 Dec 2020 05:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21591

Actions (login required)

View Item View Item