Peer Review-Pengaruh Penyuluhan Kelas Ibu Hamil Terhadap Tingkat Pengetahuan Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Seyegan Yogyakarta

Handayani, Lina and Nurhesti, Atikah and Wijaya, Chayanita Sekar and Maelan, Reni and Jamko, Moh. (2020) Peer Review-Pengaruh Penyuluhan Kelas Ibu Hamil Terhadap Tingkat Pengetahuan Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Seyegan Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

[thumbnail of PDF PEER REVIEW] Image (PDF PEER REVIEW)
Pengauruh penyuluhan kelas .pdf - Published Version

Download (230kB)

Abstract

Masih tingginya angka kematian ibu dan bayi masih menjadi masalah kesehatan diIndonesia. Sehingga perlunya penyuluhan dan edukasi untuk mengurangi masalah tersebut. Salahsatunya dengan melaksanakan dan meingkatkan kunjungan pada kelas ibu hamil. Denganmengadakan kelas ibu hamil dapat mengurangi risiko kematian ibu dan bayi dengan mengetahuirisiko kehamilan dan upaya pencegahan serta penanggulangan komplikasi saat persalinan. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kelas ibu terhadap peningkatanpengetahuan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Seyegan Yogyakarta. Jenis penelitian inimenggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretestposttest.Dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling dan diperoleh sampel sebanyak42 orang dari kader, ibu hamil dan ayah ASI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakatmengalami peningkatan pengetahuan sebanyak 26 orang (61,90%) dengan rata-rata peningkatanpengetahuan sebesar 24,60 dalam kategori pengetahuan baik setelah dilakukan penyuluhanmengenai kelas ibu. Dapat disimpulkan bahwa penyuluhan berpengaruh terhadap peningkatanpengetahuan masyarakat mengenai kelas ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas SeyeganYogyakarta.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > FKM Doc
Depositing User: M.Kes.Ph.D Lina Handayani
Date Deposited: 06 Jan 2021 12:14
Last Modified: 06 Jan 2021 12:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21763

Actions (login required)

View Item View Item