LAPORAN KKN ALTERLATIF UAD PERIODE KE-68 DIV.KEL.UNIT - I.A.3

Ikhsan, Amirul and Danti, Aprilia Muha and Ningsih, Dwi Yulianti and Arum, Dyah Puspita and Akbar, Feriz Ilham and Melani, Intan and Azizah, Naifah Nurul and Gaffar, Ruhul Jihadah and Novtariani, Sirza (2020) LAPORAN KKN ALTERLATIF UAD PERIODE KE-68 DIV.KEL.UNIT - I.A.3. [Laporan KKN] (Submitted)

[thumbnail of 68_I.A.3 - AMIRUL IKHSAN.pdf] Text
68_I.A.3 - AMIRUL IKHSAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Mahasiswa mempunyai peran strategis sebagai agent of change (agen perubahan). Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu wujud pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kepada masyarakat lewat pemberian bantuan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, pendampingan dan untuk menyadarkan potensi yang dimiliki, serta membantu meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan. Mahasiswa akan mendapatkan kemampuan generatif berupa life skills (kecakapan / ketrampilan hidup).
Observasi dilakukan dengan metode: (1) tanya jawab, (2) dokumentasi, dan (3) melihat ke lapangan secara langsung. Berdasarkan hasil observasi maka ditentukan program kerja KKN yang akan dilaksanakan meliputi program individu dan tematik. Program individu dibagi dalam beberapa aspek yaitu keilmuan, keagamaan, olahraga, dan seni. Sedangkan program tematik yaitu penyelenggaraan pendampingan UMKM atau ekonomi masyarakat, penyelenggaraan edukasi perilaku dalam tatanan new reality, penyelenggaraan edukasi cara mengindukasi imunitas dan tes covid dalam tatanan new reality, penyelenggaraan penyuluhan dan pelatihan tentang handsanitizer dan disinfektan, masker (APD), pembuatan video kompilasi semua program KKN alternatif daring, pengurusan HAKI dari media edukasi terpilih
Pelaksanaan program kerja yang dimulai dari tanggal 26 Oktober 2020 – 24 Desember 2020 ini relatif berjalan lancar. Dengan demikian, setelah kegiatan KKN berakhir diharapkan para warga RW 05 Baciro dapat terus mengembangkan segala potensi yang ada pada dirinya dan alam sekitarnya. Dan setiap kegiatan yang telah berlangsung secara kontinyu tetap dipertahankan untuk membekali diri sebagai bekal dikemudian hari.

Item Type: Laporan KKN
Keyword: Bambang Robi’in S.T., M.T.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Amirul Ikhsan
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:23
Last Modified: 06 Jan 2021 03:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21806

Actions (login required)

View Item View Item