Pembelajaran hubungan antar sudut menggunakan model pembelajaran guided inquiry

Prahmana, Rully Charitas Indra Pembelajaran hubungan antar sudut menggunakan model pembelajaran guided inquiry. [Artikel Dosen]

[thumbnail of iThenticate - Sinta 2 - Pythagoras Vol 15 No 2 December 2020.pdf] Text
iThenticate - Sinta 2 - Pythagoras Vol 15 No 2 December 2020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Materi geometri merupakan materi yang penting untuk dipelajari karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan sebagai materi dasar pendukung penguasaan materi matematika yang lain. Namun, materi geometri, khususnya materi hubungan antar sudut, masih dianggap sulit dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang interaktif dan dapat menuntun siswa menemukan sendiri konsep yang dipelajari untuk mengembangkan pemahaman mereka. Salah satu model pembelajaran alternatif yang dapat digunakan adalah model guided inquiry atau penyelidikan terbimbing yang mana dalam model pembelajaran ter- sebut siswa adalah pusat pembelajaran dan guru adalah fasilitator dan motivator belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan proses pembe- lajaran yang menerapkan model guided inquiry. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas VII (n = 32). Data pene- litian dikumpulkan dalam bentuk rekaman audio dan video, foto, dan lembar aktivitas siswa. Data dianalisis dengan cara mereduksi, menampilkan, dan menyimpulkan data, setelah itu di- tulis dalam bentuk narasi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model guided inquiry dalam pembelajaran hubungan antar sudut yang terdiri atas tiga pertemuan dengan beberapa aktivitas pembelajaran mendeskripsikan proses pembelajaran yang baik.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr. Rully Charitas Indra Prahmana
Date Deposited: 11 Feb 2021 11:24
Last Modified: 11 Feb 2021 11:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/22362

Actions (login required)

View Item View Item