Prahmana, Rully Charitas Indra Pembelajaran Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. [Artikel Dosen]
Text
iThenticate - Sinta 2 - Elemen Vol 6 No 1 January 2020.pdf Download (5MB) |
Abstract
Salah satu materi geometri yang mempunyai tingkat kesulitan dan keabstrakan yang tinggi adalah materi dimensi tiga (bangun ruang), khususnya luas permukaan bangun ruang sisi datar. Siswa mengalami kesulitan dalam membayangkan obyek dan mengkonstruksi pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Salah satu pendekatan yang menggunakan pengetahuan sebelumnya sebagai starting point pembelajaran adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran luas permukaan bangun ruang sisi datar menggunakan pendekatan PMRI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banguntapan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Banguntapan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan rekaman video, observasi dan wawancara. Rekaman video dilakukan untuk mengamati kegiatan siswa selama proses pembelajaran dan membandingkannya dengan lembar observasi dan lembar wawancara. Sedangkan, instrument tes digunakan sebagai data pendukung untuk melihat hasil belajar siswa setelah pembelajaran luas permukaan bangun ruang sisi datar secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran yang berlangsung selama dua pertemuan, siswa dapat mengikuti dengan baik seluruh tahapan pembelajaran dengan memenuhi lima karakteristik PMRI dan mendapatkan hasil yang baik.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Dr. Rully Charitas Indra Prahmana |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 11:24 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 11:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/22365 |
Actions (login required)
View Item |