PERAN GUIDED INQUIRY DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN TEOREMA PYTHAGORAS

Prahmana, Rully Charitas Indra PERAN GUIDED INQUIRY DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN TEOREMA PYTHAGORAS. [Artikel Dosen]

[thumbnail of iThenticate - Sinta 3 - JHM Vol 3 No 2 October 2020.pdf] Text
iThenticate - Sinta 3 - JHM Vol 3 No 2 October 2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guided inquiry pada pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran Teorema Pythagoras, melalui Lembar Aktivitas Siswa berbasis model pembelajaran guided inquiry. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di kelas VIII D SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes tertulis. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guided Inquiry berperan dalam membantu siswa untuk memahami konsep rumus teorema Pythagoras, melalui beberapa tahapan pembelajaran. Pada pembelajaran yang menggunakan guided inquiry, siswa dibimbing secara terstruktur untuk memahami rumus teorema Pythagoras dengan menemukan sendiri dan difasilitasi oleh guru. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh diatas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal untuk mata pelajaran matematika sebesar 65.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr. Rully Charitas Indra Prahmana
Date Deposited: 11 Feb 2021 11:25
Last Modified: 11 Feb 2021 11:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/22367

Actions (login required)

View Item View Item