STUDI TERMODINAMIKA DAN PEMILIHAN PELARUT UNTUK EKSTRAKSI LIPID DARI MIKROALGA DENGAN KAVITASI HIDRODINAMIKA

Setyawan, Martomo and Jamilatun, Siti (2019) STUDI TERMODINAMIKA DAN PEMILIHAN PELARUT UNTUK EKSTRAKSI LIPID DARI MIKROALGA DENGAN KAVITASI HIDRODINAMIKA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of laporan akhir 2019 unggah.pdf] Text
laporan akhir 2019 unggah.pdf

Download (753kB)

Abstract

Pembuatan biodiesel dari mikroalga merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah energi masa depan karena pertumbuhan mikroalga dapat dilakukan pada daerah yang tidak produktif sehingga tidak mengancam daerah produktif untuk pertanian. Mikroalga adalah alga dengan ukuran yang kecil yang umumnya terdiri dari satu sel, salah satu senyawa yang terkandung dalam mikroalga adalah lipid yang dapat diolah menjadi biodiesel dengan reaksi transesterifikasi. Permasalahan ekstraksi lipid dari mikroalga adalah energi ekstraksi yang cukup besar sehingga perlu diteliti cara ekstraksi yang rendah energi.
Pada penelitian ini dilakukan ekstraksi dengan bantuan mekanis untuk pemecahan sel secara kavitasi hidrodinamika. Peningkatan efisiensi energi pada kavitasi hidrodinamika dilakukan dengan pemilihan solvent yang tepat yang memiliki titik didih yang tinggi. Solvent yang digunakan berupa campuran metanol dan heksana dengan berbagai perbandingan, dan campuran metanol biodiesel.
Hasil penelitian menunjukkan kadar lipid total mikroalga Nannochloropsis sp sebesar 14,48%. Penggunaan campuran 95 ml heksana dan 41 ml metanol memberikan yield terbanyak yaitu 4,7%. Sedangkan penggunaan campuran pelarut metanol heksana memberikan yield yang lebih baik dibandingkan pelarut campuran biodiesel metanol. Komponen yang terekstrak oleh pelarut metanol heksana didominasi oleh asam eicosanoat (C20) sedangkan dengan pelarut metanol biodiesel didominasi asam heptadecanoat (C17).

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Chemical Engineering (S1-Teknik Kimia)
Depositing User: Martomo Setyawan
Date Deposited: 18 Feb 2021 06:20
Last Modified: 18 Feb 2021 06:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/22491

Actions (login required)

View Item View Item