Pengambilan Lipid Sebagai Bahan Biodiesel dari Mikroalga Strain Lokal dengan Teknologi Ekstraksi Ultrasonik

Setyawan, Martomo and Jamilatun, Siti (2015) Pengambilan Lipid Sebagai Bahan Biodiesel dari Mikroalga Strain Lokal dengan Teknologi Ekstraksi Ultrasonik. [Artikel Dosen] (In Press)

[thumbnail of lAPORAN hb 2015.pdf] Text
lAPORAN hb 2015.pdf

Download (803kB)

Abstract

Pembuatan biodiesel dari mikroalga merupakan salah satu alternative pemecahan masalah energy masa depan karena pertumbuhan mikroalga dapat dilakukan pada daerah yang tidak produktif sehingga tidak mengancam daerah produktif untuk pertanian. Mikroalga adalah alga dengan ukuran yang kecil yang umumnya terdiri dari satu sel, salah satu senyawa yang terkandung dalam mikroalga adalah lipid yang dapat diolah menjadi biodiesel dengan reaksi transesterifikasi.
Permasalahan dalam ekstraksi lipid dari mikroalga adalah kesulitan menembus dinding sel mikroalga. Dalam banyak penelitian upaya ekstraksi diikuti dengan perusakan atau pelemahan dinding sel baik secara mekanis, kimiawi dan menggunakan enzim. Dalam Penelitian ini dipelajari ekstraksi lipid dari mikroalga dengan bantuan perusakan dinding sel secara mekanis berupa kavitasi dari gelombang ultrasonik.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh kavitasi ultrasonik terhadap ekstraksi dengan variabel jarak tempuh gelombang dan waktu ekstraksi. Penelitian dilakukan dengan mengekstrak 5 gram mikroalga kering dengan 95 ml n-heksan dan 41 ml methanol. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ekstraksi ultrasonik dibatasi oleh jarak dari sumber gelombang dan kecepatan ekstraksi cenderung menurun setelah menit ke 20.
.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Chemical Engineering (S1-Teknik Kimia)
Depositing User: Martomo Setyawan
Date Deposited: 18 Feb 2021 06:20
Last Modified: 18 Feb 2021 06:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/22494

Actions (login required)

View Item View Item