LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA REGULER (PROGRAM HOLISTIK PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN DESA) UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 81 TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Galuh Meilinda, Galuh and Suci Nurfadila, Suci and Riski Pinahayu Paramita, Riski and Ismayatun, Ismayatun and Ria Kurniawati, Ria and Jufri Susanto, Jufri and Mahardhika Putra P, Mahardika and Anisa Nur Baitirahman, Anisa and Aditya Pratama, Aditya and Miftahul Jannah Febrianti, Miftahul and Dwi Yumiana, Dwi and Irgi Anggi Fahreza, Irgi (2021) LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA REGULER (PROGRAM HOLISTIK PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN DESA) UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 81 TAHUN AKADEMIK 2020/2021. [Laporan KKN] (Submitted)

[thumbnail of JUDUL_KKN PHP2D UAD_PERIODE 81 2021.pdf] Text
JUDUL_KKN PHP2D UAD_PERIODE 81 2021.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_KKN PHP2D UAD_PERIODE 81 2021.pdf] Text
ISI LAPORAN_KKN PHP2D UAD_PERIODE 81 2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Desa Terong berada di Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Terong yang terletak dibagian paling Utara Kecamatan Dlingo, memiliki luas wilayah kurang lebih 775.86 Ha. Hidroponik adalah sistem pertanian modern atau suatu teknik budidaya tanaman dengan menggunakan media (media air dan bahan bersifat porus, misalnya arang sekam, pasir, batu apung, dan batu kali) sehingga tidak bergantung pada kondisi tanah. Selain pembangunan instalasi hidroponik, pembangunan industri jamur dan budidaya ikan lele juga berpotensi untuk dapat dikembangkan sebagai pemanfaatan lahan tidur yang ada di Desa Terong. Membudidayakan jamur dan ikan lele dapat meningkatkan pendapatan masyarakat seiring dengan bertambahnya permintaan pasar terhadap jamur dan ikan lele, terlebih dalam pemeliharaannya tidak terlalu rumit karena ikan lele merupakan hewan yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya, baik kolam, tanah, atau semen. Komposter yaitu sistem pemanfaatan pengelolaan sampah organik, karena melihat kondisi sampah yang memprihatinkan sehingga komposter menjadi salah satu alternatif karena hasil dari komposter bisa dimanfaatkan sebagai pupuk sayur dan magot dari lalat buah dapat dipergunakan sebagai pakan lele. Menginjak pada era digital untuk melakukan pengembangan terhadap tanaman hidroponik, budidaya jamur, ikan lele dan penanaman seribu sayur di lahan pekarangan juga akan diadakan pelatihan untuk pemasaran produk hidroponik dan jamur berbasis digital marketing.
Dengan diadakanya progam-progam ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Terong.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Management (S1 Manajemen)
Depositing User: Ria Kurniawati
Date Deposited: 19 Feb 2021 13:44
Last Modified: 19 Feb 2021 13:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/22496

Actions (login required)

View Item View Item