Evaluasi Kinerja Daun Meniran dan Daun Seledri Pada Darah, Hati dan Ginjal dengan Menggunakan Metode Response Surface

Purwadi, Joko and Sugiyarto, Sugiyarto and Aprilia, Rosiana Evaluasi Kinerja Daun Meniran dan Daun Seledri Pada Darah, Hati dan Ginjal dengan Menggunakan Metode Response Surface. Jurnal Sains Matematika dan Statistika.

[thumbnail of Evaluasi Kinerja Daun Meniran dan Daun Seledri Pada Darah, Hati.pdf] Text
Evaluasi Kinerja Daun Meniran dan Daun Seledri Pada Darah, Hati.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas megenai evaluasi kinerja daun Meniran dan daun Seledri pada organ darah, hati dan ginjal. Sampel pada daun Meniran dan daun Seledri masing–masing diambil sebesar 100 mg/BB dan 50 mg/BB. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode response surface. Penelitian ini dilakukan dua tahap, yaitu eksperimen orde I merupakan tahap penyaringan faktor (screening)
dan ekperimen orde II yang merupakan tahap optimalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang sesuai dan menghasilkan model yang optimal yaitu pada organ darah pada komponen trombosit dan pada komponen Neutrofil .
Kondisi optimal pada komponen trombosit memberikan respon sebesar dengan kombinasi Meniran sebesar mg/BB dan Seledri sebesar mg/BB, sedangkan kondisi optimal pada komponen Neutrofil sebesar mcl kombinasi Meniran sebesar mg/BB dan Seledri sebesar mg/BB.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Mathematics (S1-Matematika)
Depositing User: Dr Sugiyarto Surono
Date Deposited: 25 Feb 2021 08:01
Last Modified: 25 Feb 2021 08:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/22687

Actions (login required)

View Item View Item