Adaptive neuro fuzzy inference system untuk peramalan jumlah wisatawan

Atma, Budi Handarbeni S and Sugiyarto, Sugiyarto Adaptive neuro fuzzy inference system untuk peramalan jumlah wisatawan. Jurnal Ilmiah Matematika.

[thumbnail of Adaptive neuro fuzzy inference system untuk peramalan jumlah wisatawan.pdf] Text
Adaptive neuro fuzzy inference system untuk peramalan jumlah wisatawan.pdf

Download (775kB)

Abstract

Adaptive Neuro Fuzzy Inference System(ANFIS) yaitu metode yang menggabungkan metode-metode yang ada pada softcomputing. Softcomputing yaitu pemodelan dengan pendekatan seperti nalar dari manusia dan belajar sesuai kondisi yang tidak pasti yang fleksibel atau berubah-ubah. Fuzzy Inference System(FIS) dan Jaringan syaraf merupakan komponen softcomputing dan pembentukan ANFIS. Penggunaan ANFIS terdapat metode pembelajran secara maju dan mundur atau yang disebut hybrid. Pembelajaran secara maju digunakan metode Least Square Estimator(LSE) dan pembelajaran mundur digunakan Gradient descent. Pada penelitian ini juga menggunakan FCM difungsikan untuk membangun aturan akan digunakan pada ANFIS.
Tujuan dari peramalan jumlah wisatawan adalah untuk mengimplementasikan metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System dalam memprediksi jumlah wisatawan dan mengetahui hasil prediksi/ramalan jumlah wisatawan. Hasil peramalan jumlah wisatawan dengan menggunakan metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System(ANFIS) pada tahap latih didapatkan epoh 11 dan laju pembelajaran 0.02 mendapatkan nilai RMSE 909.2 sedangkan tahap uji epoh dan laju pembelajaran memberikan keakurasian bagus yang dapat dilihat dari Root Mean Square Error(RMSE) 123.3029

Item Type: Artikel Umum
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Mathematics (S1-Matematika)
Depositing User: Dr Sugiyarto Surono
Date Deposited: 25 Feb 2021 08:02
Last Modified: 25 Feb 2021 08:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/22691

Actions (login required)

View Item View Item