OPTIMASI DIKLAT KOMPETENSI PENDIDIK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PROFESI GURU BERKELANJUTAN

Sri Tutur, Martaningsih (2011) OPTIMASI DIKLAT KOMPETENSI PENDIDIK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PROFESI GURU BERKELANJUTAN. SEMINAR NASIONAL ”PENGEMBANGAN PROFESI GURU BERKELANJUTAN".

[thumbnail of pub_2015_0015036301_178736_20150720212726_76482347.pdf] PDF
pub_2015_0015036301_178736_20150720212726_76482347.pdf - Published Version

Download (178kB)

Abstract

Di era globalisasi dan era pasar bebas, sumber daya manusia Indonesia harus memiliki daya saing yang tinggi. Pendidikan menjadi upaya strategis, namun perlu kinerja professional Guru sebagai pelaksananya. Guru harus memiliki kompetensi guna melaksanakan pendidikan berkualitas. Peningkatan kompetensi harus dilakukan berkelanjutan, karena berbagai tantangan yang berkembang menuntut antisipasi dan kesiapan generasi bangsa mampu menghadapi dan menyelesaikan segala permasalahan dengan penanganan yang efektif. Upaya pengembangan profesi di antaranya melalui pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan keahlian yang dibutuhkan. Tulisan ini merupakan artikel ilmiah, yang bertujuan untuk menjelaskan peranan diklat berbasis kompetensi pendidik dalam meningkatkan profesionalisme guru berkelanjutan. Optimalisasi perlu diupayakan oleh berbagai pihak dengan berbagai
strategi guna mencapai tujuan yang diinginkan. Diharapkan tulisan ini dapat digunakan sebagai masukan bagi penyelenggara diklat, guru, ataupun pihak manajemen sekolah maupun instansi terkait untuk mengoptimalkan peningkatan profesionalisme guru berkelanjutan melalui diklat kompetensi yang berkualitas.
Key words : diklat kompetensi pendidik. pengembangan profesi guru berkelanjutan.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 28 Jul 2015 12:09
Last Modified: 28 Jul 2015 12:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2329

Actions (login required)

View Item View Item