LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 81 TAHUN AKADEMIK 2020/2021 Unit: XIV.A.2 Lokasi : Dusun Kedungpring, Desa Bawuran, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Astuti, Aniq Nurpuji and Retnowati, Indria and Mubarok, Ridho Zaki and Wahyuni, Rati Sri and Gusti, Syahrizal Abdi Pangestu and Juniati, FNU and Febrianti, Junita Nur and Auliyah, Rizka and Setiawan, Ardin Budi (2021) LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 81 TAHUN AKADEMIK 2020/2021 Unit: XIV.A.2 Lokasi : Dusun Kedungpring, Desa Bawuran, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_XIV.A2.pdf] Text
JUDUL_XIV.A2.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of ISI_LAPORAN_XIV.A.2.pdf] Text
ISI_LAPORAN_XIV.A.2.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah mata kuliah sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk dapat terjun langsung ke masyarakat membantu memecahkan masalah yang ada di masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler dilaksanakan selama 1 bulan dengan KKN dengan sistem online dan offline. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta periode 81 tahun akademik 2020/2021. Divisi XIV.A.2 dilaksanakan mulai tanggal 01 februari 2021- 03 maret 2021. Pelaksanaan program kerja KKN terdiri dari empat bidang yaitu Bidang Keilmuan, Keagamaan, Seni dan Olahraga serta Tematik yang dilakukan di Dusun Kedungpring, Desa Bawuran, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta. Secara geografis, wilayah Dusun Kedungpring yang memiliki luas 29,5 Ha dengan luas sawah 10 Ha, pekarangan 5,5 Ha, dan perbukitan 14 Ha merupakan daerah yang relatif subur, dengan tanah sawah dikelola oleh masyarakat dengan ditanami padi. Sebagian besar mata pencaharian utama para penduduk Dusun Kedungpring adalah bertani, hanya sebagian kecil dari beberapa penduduk yang beternak, mulai dari beternak sapi maupun kambing. Oleh karena pertanian merupakan sektor utama pencaharian penduduk, maka Kelompok Tani di Dusun Kedungpring cenderung aktif baik untuk pria maupun wanitanya. Untuk sektor ekonominya sendiri pada umumnya berbasis hasil pertanian. Ada pula beberapa warga yang juga membuka usaha, seperti misalnya pengrajin mebel, pembuat susu kedelai, beternak ayam, telur ayam, burung puyuh, maupun warung kelontong,. Sedangkan untuk mayoritas agama penduduk Dusun Kedungpring adalah beragama Islam. Berdasarkan kelengkapan fasilitas umum, Dusun Kedungpring memiliki dua masjid yang bernama masjid Al- Hidayah, dan masjid Nurul Huda, satu mushola yang bernama mushola At-Taubah. Ada pula satu rumah wakaf muhammadiyah, makam kedungpring, serta terdapat TK ABA Kedungpring, SD Kedungpring dan SPS Cinta Kasih serta ada juga Pos Pelayanan Terpadu yang diselenggarakan setiap bulannya pada awal bulan, untuk pelaksanaan rapat anatar RT dilakukan di rumah pak Dukuh. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, kami menemukan beberapa permasalahan yang ada di Dusun Kedungpring salah satu permasalahannya yaitu mengenai kegiatan TPA yang hanya dilakukan di RT 04, hal tersebut dikarenakan anak-anak yang lain sudah mengaji di pondok pesantren dan di tempat guru mengaji masing-masing. Berdasarkan hasil dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler devisi XIV.A.2 pada 01 Februari 2021 sampai dengan tanggal 03 Maret 2021, keseluruhan program yang telah dilaksanakan dan realita yang kami dapati selama 1 bulan di Dusun Kedungpring, Desa Bawuran, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Sebagian besar program dapat terlaksana dengan baik,
2. Program yang telah disusun merupakan program yang menyesuaikan dengan kemampuan para mahasiswa KKN Reguler
3. Suksesnya berbagai program KKN Reguler ini karena didukung dan ditunjang oleh kerja yang baik dari semua pihak, baik dari mahasiswa KKN Reguler maupun masyarakat dusun Kedungpring serta pihak universitas, LPPM serta DPL.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: - Juniati -
Date Deposited: 16 Mar 2021 12:21
Last Modified: 16 Mar 2021 12:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/23698

Actions (login required)

View Item View Item