Peran Sastra dalam Pembentukan Karakter Bangsa

Munfangati, Rahmi (2014) Peran Sastra dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional dan Temu Alumni. pp. 241-247. ISSN 978-602-96172-6-9

[thumbnail of Prosiding Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa 2014, halaman 241 - 248] PDF (Prosiding Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa 2014, halaman 241 - 248)
proceedings-uny-2014-rahmi-munfangati.pdf

Download (2MB)

Abstract

Karakter bangsa Indonesia yang dikenal dengan keramahan, kesantunan, religius, berpekerti luhur, dan berbudi mulia semakin melemah dewasa ini yang ditunjukkan dengan adanya fenomena lunturnya nilai-nilai kebangsaan dan moral di kalangan generasi muda. Untuk mengatasi hal tersebut, muncul pemikiran dengan tujuan untuk: (1) mengetahui relevansi sastra dan pendidikan karakter dan (2) mendeskripsikan peran sastra dalam pembentukan karakter bangsa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada relevansi sastra dan pendidikan karakter. Karya sastra merupakan representasi kehidupan yang sarat dengan pendidikan karakter. Karya sastra menanamkan sikap berfikir kritis dan berwawasan luas. Dengan membaca sastra dan kemudian memaknainya, karakter bangsa akan terbentuk sesuai dengan nilai-nilai kebajikan yang termuat dalam karya sastra tersebut. Oleh karena itu, apresiasi sastra dalam pembelajaran direkomendasikan sebagai salah satu upaya pembentukan karakter bangsa.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: sastra, pendidikan karakter, pembelajaran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-English Education (S1-Pendidikan Bahasa Inggris)
Depositing User: Mrs. Rahmi Munfangati
Date Deposited: 10 Aug 2015 05:48
Last Modified: 10 Aug 2015 05:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2396

Actions (login required)

View Item View Item