Probosiwi, Probosiwi and Retnasari, Lisa (2020) Penyusunan RPP Format terbaru Mewujudkan Merdeka Belajar bagi Guru Sekolah Dasar di PCM Prambanan. [Artikel Dosen]
Text
5. Edit Penilaian Prosiding Semnas LPPM 2020.pdf Download (247kB) |
Abstract
Latar belakang pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran adalah pentingnya menyusun
perangkat pembelajaran yang baik dan inovatif pada setiap materi yang disampaikan kepada peserta didik. Tujuan pelatihan ini yaitu agar para guru sekolah dasar mampu membuat dan menyusun skema pembelajaran yang baik, sehingga peran serta para guru dalam cita-cita
merdeka belajar dapat terwujud. Metode kegiatan sebagai berikut: a) metode ceramah dan diskusi untuk memberikan pemahaman tentang perangkat pembelajaran, khususnya RPP format terbaru; b) Unjuk Kerja (Praktik) yaitu metode praktik akan memberikan pengalaman kongkrit tentang bagaimana menyusun RPP dengan format terbaru melalui metode penugasan model cooperative learning; c) Self and Group Reflection merupakan metode yang dipakai
untuk menguatkan pemahaman/ pengetahuan dan praktik tentang bagaimana menggali ide, gagasan tentang nasionalisme, kemudian mengaktualisasikanya ke dalam RPP format terbaru oleh para guru. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta pelatihan memiliki antusiasme yang baik ketika pelatihan berlangsung, komunikatif di Whatsapp Group dalam hal teknis pengerjaan, dan menghasilkan RPP yang disesuaikan dengan format terbaru serta kelasnya.
Para guru menyusun RPP juga mengaitkan dengan pendidikan karakter yang diajarkan di tiap pembelajaran. Selain itu, guru menjadi lebih termotivasi dalam menyusun RPP karena komponennya menjadi lebih singkat.
Kata kunci: RPP format terbaru, merdeka belajar, guru
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | M.Sn. Probosiwi Probosiwi |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 23:40 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 23:40 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25177 |
Actions (login required)
View Item |