Peer-Review Peran Petugas Kesehatan dan Kepatuhan Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Besi.

Handayani, Lina (2013) Peer-Review Peran Petugas Kesehatan dan Kepatuhan Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Besi. [Artikel Dosen] (Submitted)

[thumbnail of 3. Peran Petugas Kesehatan dan Kepatuhan Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Besi.pdf] Text
3. Peran Petugas Kesehatan dan Kepatuhan Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Besi.pdf

Download (445kB)

Abstract

Latar belakang: Wanita hamil merupakan salah satu kelompok golongan yang rentan terhadap masalah gizi terutama anemia. Ada beberapa faktor yang dapat berperan dalam terjadinya anemia defisiensi gizi besi, yaitu peran petugas kesehatan, ketersediaan tablet besi, dan kepatuhan ibu hamil dalam mengonsumsi tablet besi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran petugas kesehatan dan kepatuhan ibu hamil mengkonsumsi tablet besi di Desa Sidomulyo, Sidokarto dan Sidoluhur, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel
menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner.
Hasil : 64,7% responden memiliki tingkat kepatuhan konsumsi tablet besi yang baik. Peran petugas kesehatan mayoritas baik (76,5%). Kesimpulan : Ibu hamil di Desa Sidomulyo, Sidokarto dan Sidoluhur memiliki kepatuhan dalam mengkonsumsi tablet besi lebih banyak yang baik. Peran petugas kesehatan dalam memotivasi ibu hamil untuk mengkonsumsi tablet besi mayoritas baik.
Kata Kunci: anemia, tablet besi, peran petugas kesehatan, ibu hamil

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: M.Kes.Ph.D Lina Handayani
Date Deposited: 01 Jul 2021 18:55
Last Modified: 01 Jul 2021 18:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item View Item