KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 84 DIVISI II.D.1 Tahun Akademik 2020/2021

Agustin, Alvina (2021) KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 84 DIVISI II.D.1 Tahun Akademik 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL LAPORAN KKN Kampus Mengajar_II.D.1_84.pdf] Text
JUDUL LAPORAN KKN Kampus Mengajar_II.D.1_84.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN KKN KAMPUS MENGAJAR_II.D.1_84.pdf] Text
ISI LAPORAN KKN KAMPUS MENGAJAR_II.D.1_84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kampus Mengajar merupakan kegiatan mengajar di sekolah dan merupakan bagian dari program Kampus Merdeka. Tujuan di selenggarakannya Kampus Mengajar yaitu, untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi dan membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk sekolah-sekolah di daerah 3T (Tertinggal, Terbelakang, Terluar).
Data Kemendikbud menggambarkan masih banyak sekolah di daerah 3T yang membutuhkan bantuan para pendamping guru untuk membantu para guru dalam proses belajar mengajar. Sebelum dilaksanakannya program kampus mengajar ini, di dahului dengan program Kampus Mengajar Perintis (KMP), yang hanya dilaksanakan di beberapa wilayah saja. Program kampus mengajar perintis memberikan hasil yang positif dalam membantu pihak sekolah dalam proses mengajar, adaptasi teknologi, administrasi. Atas pencapaian tersebut maka program kampus mengajar ini dibuat dengan ruang lingkup yang lebih luas dan tersebar di seluruh bagian Indonesia khususnya daerah yang masuk ke dalam kategori 3T tersebut.
Hasil dari program kampus mengajar di SD Islam Attarbiyah bahwa penerapan dan pembelajaran literasi dan numerai di sekolah dapat dikatakan ada kemajuan dengan pembelajaran secara home visit. Meskipun masih berada di bawah tujuan yang hendak dicapai. Para guru juga sudah mulai dapat beradaptasi dengan teknologi melalui aplikasi AKSI, Google form, dan menggunakan video pembelajaran. Meskipun tidak dapat mengikuti dengan cepat, dan sekolah juga terbantu dalam administrasi sekolah dengan terbaharuinya data guru dan siswa di DAPODIK, dan merekapitulasi nilai siswa kedalam raport.
Kata Kunci : Kampus Mengajar, Wilayah 3T, Mengajar, Adaptasi Teknologi, Administrasi Sekolah

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Alvina Agustin
Date Deposited: 01 Jul 2021 22:41
Last Modified: 01 Jul 2021 22:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25219

Actions (login required)

View Item View Item