KULIAH KERJA NYATA PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode 84 DIVISI II.B.2 Tahun Akademik 2020/2021

Khasanah, Lutfi (2020) KULIAH KERJA NYATA PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode 84 DIVISI II.B.2 Tahun Akademik 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_II.B.2_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_II.B.2_REGULER 84.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.B.2_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.B.2_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 merupakan salah satu kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa pemberdayaan mahasiswa dalam rangka membantu pembelajaran di masa pandemi terutama untuk Sekolah Dasar (SD) di daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan). Sekolah yang menjadi sasaran Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 adalah sekolah dasar yang memiliki akreditasi paling tinggi B. Program ini dilakukan secara daring dan luring sesuai dengan kondisi sekolah penempatan. Salah satu sekolah dasar penempatan Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 yaitu SD N Trombol 1 yang terletak di Kelurahan Trombol, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. pada program ini, mahasiswa diberi tanggungjawab untuk membantu proses pembelajaran, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah. Selain itu, mahasiswa juga turut serta dalam proses pembentukan karakter dan semangat belajar siswa di masa pandemi ini.
Hasil dari program ini antara lain: penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan kemasyarakatan yang ada di sekitarnya; mengembangkan wawasan, karakter, dan softskill mahasiswa; mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi; mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan,; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional. Selain itu, efektivitas pembelajaran dan minat belajar siswa di SD N Trombol 1 menjadi meningkat.
Kata Kunci: Kampus Mengajar Angkatan 1, efektivitas pembelajaran, minat belajar siswa.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Lutfi Khasanah
Date Deposited: 01 Jul 2021 23:10
Last Modified: 01 Jul 2021 23:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25260

Actions (login required)

View Item View Item