Penerapan Active Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa dalam Mata Kuliah Hukum tata Pemerintahan

Anom Wahyu Asmorojati, AWA and Sumaryati, SUM and Triwahyuningsih, TRW and Supriyadi, SPR and Susena, SSN and Dikdik Baehaqi Arif, DBA (2013) Penerapan Active Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa dalam Mata Kuliah Hukum tata Pemerintahan. In: Seminar Hasil Lesson Studi di FKIP UAD, 5 Desember 2013, Yogyakarta. (Unpublished)

[thumbnail of Dikdik_Makalah_2013_Penerapan_Active_Learning_untuk_Meningkatkan_Pemahaman_Mahasiswa_dalam_MK_HTP.pdf] PDF
Dikdik_Makalah_2013_Penerapan_Active_Learning_untuk_Meningkatkan_Pemahaman_Mahasiswa_dalam_MK_HTP.pdf - Published Version

Download (538kB)

Abstract

Terdapat beberapa alasan yang melatar belakangi perlunya mengkaji penerpan active learning untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah Hukum Tata Pemerintahan, pertama: Kurangnya keaktifan mahasiswa baik dalam mencari materi perkuliahan maupun dalam proses perkuliahan itu sendiri, Kedua: Kegiatan pembelajaran mata kuliah hukum tata pemerintahan yang selama ini dilakukan belum dikembangkan dengan model pembelajaran active learning, sehingga masih terkesan pembelajaran satu arah, Ketiga: Minimnya daya ekplorasi mahasiswa terhadap materi yang disampaikan dalam perkuliahan, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang lebih menarik dan ekspresif agar mahasiswa dapat meningkatkan kapabilitas mereka untuk dapat belajar lebih mudah dan lebih efektif, baik karena pengetahuan yang diperoleh maupun karena penguasaan mereka tentang proses belajar yang lebih baik. Dari beberapa alasan di atas, tulisan ini ingin mengungkap masalah Apakah penerapan model pembelajaran active learning dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah hukum tata pemerintahan.
Analisis data dilakukan dengan metode deskripsi, yaitu dengan menggambarkan fakta-fakta yang ada, kemudian disusun secara logis dan sistematis sehingga menghasilkan suatu gambaran umum proses kegiatan dan hasil pembelajaran (lesson study)dengan penerapan active learning untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah Hukum Tata Pemerintahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan active learning tepat digunakan untuk strategi pembelajaran dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Hukum Tata Pemerintahan, karena dengan adanya proses interaksi aktif di setiap diskusi dalam setiap perkuliahan, mahasiswa diharuskan untuk membaca dan memahami materi pada setiap topik diskusi,sehingga perlahan-lahan keaktifan dan rasa ingin tahu mahasiswa akan muncul, dan keaktifan tersebut akan menjadi budaya akademik yang positif dalam perkuliahan. Sementara rasa ingin tahu yang muncul dari mahasiswa akan membuat mahasiwa memiliki daya eksplorasi yang meningkat terhadap materi perkuliahan, yang diharapkan pada akhirnya mahasiswa akan labih aktif baik dalam mencari materi perkuliahan maupun aktif dalam menyampaikan pendapat dalam setiap diskusi kelompok.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 04 Nov 2015 04:08
Last Modified: 04 Nov 2015 04:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/2537

Actions (login required)

View Item View Item