Kuliah Kerja Nyata Kampus Mengajar Angkatan 1 Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi I.B.1 Tahun Akademik 2021-2022

Tri Andiana, Yayang (2021) Kuliah Kerja Nyata Kampus Mengajar Angkatan 1 Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi I.B.1 Tahun Akademik 2021-2022. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of Judul_I.B.1_Reguler 84.pdf] Text
Judul_I.B.1_Reguler 84.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of Isi Laporan_I.B.1_reguler 84.pdf] Text
Isi Laporan_I.B.1_reguler 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan banyak dampak buruk pada berbagai sektor kehidupan masyarakat, salah satunya adalah sektor Pendidikan. Pemerintah mengambil kebijakan agar sistem pembelajaran dilakukan dengan sistem dalam jaringan (daring). Salah satu dampak yang ditetapkan dan dilaksanakan pada bidang pendidikan di Indonesia dilakukan dengan sistem dalam jaringan (daring). Sistem daring merupakan sebuah sistem kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanpa melalui tatap muka secara langsung melainkan melalui teknologi dengan sistem jaringan internet sehingga teknologi berperan penting untuk mendukung sistem daring. Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 memiliki tujuan utama yaitu memberdayakan mahasiswa untuk membantu proses pengajaran di SD sekitar desa/kota tempat tinggal, salah satunya yaitu SD Negeri 2 Emplak yang bertempat di Jl. Raya Emplak No. 606, Desa Emplak, Kec. Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pada program ini, mahasiswa terlibat aktif dan bertanggungjawab dalam membantu pihak sekolah dalam proses mengajar, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah atau guru.
SDN 2 Emplak merupakan salah satu SD terdaftar di Data Pokok Pendidikan yang masih memiliki akreditasi C dan dengan segala keterbatasan pembelajaran daring dan sebagian pembelajaran luring (luring) tetap dilakukan. Program Kampus Mengajar Angkatan 1 yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menjadi salah satu solusi yang bertujuan sebagai akselerasi pendidikan tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Program Kampus Mengajar Angkatan 1 melibatkan seluruh Mahasiswa di Indonesia untuk dapat membantu proses pembelajaran di SD N 2 Emplak.
Kata Kunci: covid-19, kampus mengajar, pendidikan

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Yayang Tri Andiana
Date Deposited: 05 Jul 2021 04:31
Last Modified: 05 Jul 2021 04:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25370

Actions (login required)

View Item View Item