Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi Kampus Mengajar Angkatan 1 di SD Negeri Pruwatan 05 Divisi I.C.3

Setiawan, Dian (2021) Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi Kampus Mengajar Angkatan 1 di SD Negeri Pruwatan 05 Divisi I.C.3. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_I.C.3_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_I.C.3_REGULER 84.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.C.3_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.C.3_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Indonesia sekarang ini sedang berdampak ileh pandemi covid, perubahan pembelajran dari tatap muka menjadi tatap maya, namun yang sangat di rugikan adalah pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Siswa SD yang seharusnya memerlukan bimbingan guru disekolah malah harus diam dirumah mendapatkan materi pembelajaran secara online. Bagi SD yang memiliki failitas dan lokasi yang mendukung tentunya pembelajaran secara online ini mungkin dapat dilaksanakan dengan baik, tetapi bagaimana dengan SD yang tidak memiliki failitas tersebut dan berlokasi di daerah 3T. Oleh karena itu Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyusun Program Kampus mengajar Angkatan 1 yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM). Dengan mengerahkan 15.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang disebarkan diberbagai daerah 3T untuk membantu tenaga pendidik disana dengan bantuan mengajar, adaptasi teknologi dan bantuan administrasi sekolah.
Disini kami ditempatkan di SDN Pruwatan 05 yang berlokasi di Jl. Dukuh Wiru, Rt 3, Rw 4, Kelurahan Pruwatan, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes. Pembelajaran disana adalah 3 hari secara offline dan 3 hari secara online. Disana kami memberikan bantuan mengajar baik mengajarkan mata pelajaran maupun prakarya, selain itu membantu adaptasi teknologi bagi para guru agar mampu menjalankan pembelajaran jarak jauh yang bervariasi, selain itu pemberian bantuan administrasi bagi sekolah untuk menunjang pembelajran terlebih lagi pada ranah literasinya. Sebagian besar program kami berjalan lancer dan sukses atas bantuan dan kolaborasi guru disana namun ada juga program yang gagal atau tidak terlaksana.

Kata Kunci : Kampus mengajar, Bantuan mengajar, Adaptasi teknologi. Bantuan administrasi sekolah

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Dian Setiawan
Date Deposited: 04 Jul 2021 13:47
Last Modified: 04 Jul 2021 13:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25413

Actions (login required)

View Item View Item