LAPORAN AKHIR PROGAM KKN KAMPUS MENGAJAR Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri 02 Tulus Ayu Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan Devisi II.B.III Periode Reguler 84 Tahun 2021.

Anisa, Destika Sari (2021) LAPORAN AKHIR PROGAM KKN KAMPUS MENGAJAR Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri 02 Tulus Ayu Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan Devisi II.B.III Periode Reguler 84 Tahun 2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of LAPORAN AKHIR KKN Kampus Mengajar_II.B.III_Reguler 84.pdf] Text
LAPORAN AKHIR KKN Kampus Mengajar_II.B.III_Reguler 84.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.B.III_Reguler 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.B.III_Reguler 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kampus Mengajar merupakan bagian dari progam kampus merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di progam kampus mengajar, mahasiswa akan ditempatkan di sekolah dasar di seluruh Indonesia dan membantu proses KBM di sekolah tersebut. Sekarang ini, Indonesia sedang butuh bantuan para mahasiswa untuk membantu Bapak/Ibu guru serta adik-adik Sekolah Dasar untuk mendapatkan kesempatan belajar optimal di kondisi terbatas dan kritis selama pandemic. Dalam hal ini mahasiswa dapat mengembangkan diri terhadap kreativitas, kepemimpinan, dan kemampuan interpresional lainnya.
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka diharapkan dapat menjawab tantangan Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat. Ruang lingkup kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 1 (KM) mencakup pembelajaran di semua mata pelajaran yang berfokusliterasi dan numerasi, adaptasi teknologi, dan bantuanadministrasi manajerial sekolah. Program Kampus Mengajar Angkatan 1 (KM) diharapkan memberi manfaat bagi mahasiswa untuk mengasah jiwa kepempimpinan dan karakter serta mempunyaipengalaman mengajar, berkolaborasi dengan guru di Sekolah Dasar untuk menyelenggarakan pembelajarann jarak jauh. Melalui program ini diharapkan terjadi peningkatan efektivitas proses pembelajaran di Sekolah Dasar termasuk dalam kondisi darurat pandemi Covid-19.
Tujuan dari program ini adalah pertama, untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi. Kedua, membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD di daerah 3T. Ketiga, memberikan pengalaan bagi mahasiswa di dunia kerja pendidikan. Keempat, memberikan kesempatan bagi mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas. Kelima, memfailitasi experiental learning dengan jalur yang fleksibel dan daiptif sehingga diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya.
Dengan adanya progam ini sangat membantu pihak mitra yang membutuhkan tenaga kerja serta inovasi baru dalam pembelajaran dan dengan hasil yang cukup baik dalam progam mengajar, adaptasi teknologi dan membantu administrasi sekolah

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Anisa Destika Sari
Date Deposited: 04 Jul 2021 14:11
Last Modified: 05 Jul 2021 08:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25426

Actions (login required)

View Item View Item