KULIAH KERJA NYATA PROGRAM PENDAMPING LITERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode Reguler 84 Divisi IV.A.2 Tahun Akademik 2020/2021

Wira Asti, Sintia (2021) KULIAH KERJA NYATA PROGRAM PENDAMPING LITERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode Reguler 84 Divisi IV.A.2 Tahun Akademik 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_IV.A.2_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_IV.A.2_REGULER 84.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_IV.A.2_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_IV.A.2_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Program Kampus Mengajar (KM) merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Program ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada sekolah dasar agar tetap efektif dalam proses pembelajaran selama pandemi. Program Kampus Mengajar ini dilaksanakan mulai 22 Maret – 25 Juni 2021 di penempatan sekolah masing-masing sesuai pilihan yang telah dipilih dan Penulis adalah salah perwakilan dari Universitas Ahmad Dahlan yang terpilih dalam program ini.
Pada program Kampus Mengajar ini penulis di tempatkan di SD Negeri 14 Airgegas. Dimana di SD Negeri 14 Airgegas proses pembelajaran dilakukan secara luring (Pembelajaran tatap muka) dan daring (pembelajaran jarak jauh). Pembelajaran selama pandemi ini tetap dilaksanakan secara tatap muka tetapi persesi, Siswa akan belajar secara tatap muka sesuai sesinya dan saat sesi pembelajaran jarak jauh siswa menggunakan whatsapp tetapi kurang efektif dikarenakan kebanyakan siswa masih belum mempunyai handphone berbasis android bahkan ada yang tidak mempunyai handphone sama sekali. Sehingga untuk pembelajaran sangat di fokuskan saat pembelajaran tatap muka.
Selama kegiatan Kampus Mengajar ini mahasiswa telah melaksanakan program dengan lancar dan baik. Dan proses pembelajaran tetap terlaksana dengan baik di perpustakaan baru di sekolah dengan menjadwalkan siswa ke perpustakaan membaca terlebih dahulu kemudian belajar dan bermain, membuat siswa lebih aktif berinteraksi dan meningkatkan literasi baca. Harapan untuk kedepannya semoga program KM ini tetap dilakukan dan dapat berjalan lebih baik lagi dari yang sekarang.
Kata Kunci : Program KM, Sekolah Dasar

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: - Sintia Wira asti
Date Deposited: 05 Jul 2021 08:23
Last Modified: 05 Jul 2021 08:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25493

Actions (login required)

View Item View Item