PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I DI SD NEGERI DANASRI 04 NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP DIVISI III.C.1

Mutiarizki, Syarah (2021) PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I DI SD NEGERI DANASRI 04 NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP DIVISI III.C.1. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III. C. 1_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf] Text
JUDUL_III. C. 1_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of ISI_LAPORAN_III. C. 1_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf] Text
ISI_LAPORAN_III. C. 1_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan I merupakan sebuah program yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu kebijakan dari Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), yang ditujukan untuk membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar yang berakreditasi B-C semasa Pandemi terutama untuk SD di daerah 3T. Pelaksanaan program Kampus Mengajar Angkatan I ini diberlangsungkan selama 3 bulan, selama pelaksanaannya tiap mahasiswa masuk sesuai jadwal yang telah dibuat. Pada program Kampus Mengajar Angkatan I memilih SD N Danasri 04 Nusawungu yang berlokasi di Jl. Krida Mulya No.82, Danasri, Kec. Nusawungu, Cilacap, Jawa Tengah yang berakreditasi C. Dalam hal ini penulis dan rekan-rekan sebagai peserta KM Angkatan I mencoba menganalisis kebutuhan apa saja yang diperlukam oleh sekolah serta menyesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi sekolah. Masih terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran jarak jauh, seperti kurangnya sarana dan prasaran penunjang pembelajaran daring seperti tidak adanya gawai dan kuota internet yang memadai.

Kegiatan ini diawali dengan pembekalan satu minggu yang dilaksanakan pada tanggal 15-20 Maret 2021 oleh pihak kementerian lalu penerjunan mahasiswa pada tanggal 22 dengan berkunjung ke SD penempatan kampus mengajar, setelahnya melakukan perizinan kepada Dinas Pendidikan setempat, dan melakukan permohonan izin ke Sekolah Dasar. Kegiatan ini memfokuskan mahasiswa untuk membantu meningkatkan kemampuan peserta didik khususnya pada bidang literasi dan numerasi melalui modul yang sudah dibagikan oleh pihak Kemendikbud. Selama berlangsungnya program ini mahasiswa harus mengisi laporan harian, laporan mingguan, laporan awal, dan laporan akhir besertakan lampiran pada aplikasi MBKM.

Selama kegiatan berlangsung di SD N Danasri 04 Nusawungu mahasiswa turut berperan aktif dalam menjalankan program-program Kampus Mengajar di sekolah. Akhir dari program ini mahasiswa melakukan perpisahan dengan sekolah masing-masing dan ada jadwal penarikan mahasiswa yang dilakukan oleh pihak Kemendikbud melalui Zoom Meeting. Dilakukan juga penarikan mahasiswa bersama DPL dan diikutijuga oleh kepala sekolah dan guru pamong melalui Zoom Meeting.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Syarah Mutiarizki
Date Deposited: 05 Jul 2021 13:38
Last Modified: 05 Jul 2021 13:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25508

Actions (login required)

View Item View Item