PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I DI SD NEGERI MEKARSARI 01 CIPARI KABUPATEN CILACAP DIVISI III.A.2

Dwi Ahniah, Arum (2021) PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I DI SD NEGERI MEKARSARI 01 CIPARI KABUPATEN CILACAP DIVISI III.A.2. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.A.2_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf] Text
JUDUL_III.A.2_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.A.2_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf] Text
ISI LAPORAN_III.A.2_REGULER KE-84 KAMPUS MENGAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kampus Mengajar Angkatan 1 FKIP Universitas Ahmad Dahlan
SD Negeri Mekarsari 01 Cipari
Program Kampus Mengajar merupakan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tujuan dari program kampus mengajar ini yaitu untuk memobilisasi potensi mahasiswa guna membantu proses pengajaran kepada anak-anak terutama Sekolah Dasar. Kebijakan ini diharapkan dapat menjadi jawaban untuk mewujudkan pembelajaran di perguruan tinggi yang fleksibel, juga untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.
Salah satu SD yang terpilih dalam program Kampus Mengajar adalah SD Negeri Mekarsari 01 yang terletak di Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Terdapat 8 mahasiswa dari berbagai kampus berbeda yang terpilih dalam program kampus mengajar di SD Negeri Mekarsari 01. Dalam hal ini penyusun serta mahasiswa peserta Kampus Mengajar mencoba menganalisis kebutuhan yang diperlukan sekolah serta menyesuaikan kondisi sekolah. Dalam hal pembelajaran jarak jauh, masih terdapat beberapa hambatan seperti halnya kurang sarana dan prasarana penunjang pembelajaran daring yakni seperti tidak menyeluruhnya siswa yang memiliki gawai dan kondisi jaringan yang tidak stabil.
Kegiatan ini memfokuskan mahasiswa untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa khususnya yaitu literasi dan numerasi. Kegiatan yang dilakukan di sekolah merupakan kegiatan yang diperlukan oleh sekolah, guru, dan siswa. Kegiatan yang dilaksanakan kurang lebih 3 bulan di sekolah, mahasiswa membantu dalam proses mengajar, adaptasi teknologi, dan juga administrasi.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Arum Dwi Ahniah
Date Deposited: 05 Jul 2021 15:22
Last Modified: 05 Jul 2021 15:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25545

Actions (login required)

View Item View Item