Laporan Akhir Kampus Mengajar “UPT SDN 2 Kresnomulyo Dusun Pengaleman, Kelurahan Kresnomulyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Lampung, DIVISI III.C.3

Rifa'i, Amar (2021) Laporan Akhir Kampus Mengajar “UPT SDN 2 Kresnomulyo Dusun Pengaleman, Kelurahan Kresnomulyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Lampung, DIVISI III.C.3. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.C.3_REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR.pdf] Text
JUDUL_III.C.3_REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.C.3_REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR-compressed.pdf] Text
ISI LAPORAN_III.C.3_REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) dan didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. Program ini merupakan bagian dari kegiatan Mengajar di Sekolah dari Kampus Merdeka untuk membantu pembelajaran di masa pandemi terutama untuk anak tingkat Sekolah Dasar (SD) di daerah 3T dengan menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi sehingga mahasiswa menjadi partner guru dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Kegiatan ini dimulai pada 23 Maret 2021 hingga 25 Juni 2021. SDN 2 Kresnomulyo beralamatkan di Kresnomulyo, Kec. Ambarawa, Kab. Pringsewu. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 (K13). Sekolah ini memiliki enam ruang kelas, kantor guru, perpustakaan, toilet, dan tempat parkir guru. Sekolah ini mengadaptasi pembelajaran blended learning. Sehingga siswa diminta untuk masuk ke sekolah di hari senin dan kamis, selain hari itu siswa akan belajar dari rumah berbekal soal yang diberikan guru. Media pembelajaran di sekolah ini adalah buku dan aplikasi Whatsapp. Hasil yang didapat dari program kampus mengajar adalah membantu sekolah dalam hal mengajar, adaptasi teknologi, administrasi, dan lainnya. Dalam hal mengajar, program yang sangat efektif adalah pembentukan kelompok belajar kelas 4,5, dan 6. Dalam hal adaptasi teknologi, dilihat dari latar belakang ekonomi dan pekerjaan orangtua siswa, serta jangkauan internet, media pembelajaran dengan whatapps merupakan yang paling efektif. Dalam hal administrasi, karena kekosongan jabatan kepala sekolah maka administrasi di UPT 2 Kresnomulyo masih berantakan, sehingga mahasiswa membantu dalam pendataan ulang siswa, guru dan staf. Selain itu juga melakukan pendataan pembukuan diperpustakaan sekolah dan perekapan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Mengajar, Adaptasi Teknologi, Administrasi Sekolah.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: AMAR RIFA'I
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:09
Last Modified: 06 Jul 2021 08:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25572

Actions (login required)

View Item View Item