KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 84 DIVISI III.C.2 TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Heriyanti, Indah (2021) KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 84 DIVISI III.C.2 TAHUN AKADEMIK 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.C.2_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_III.C.2_REGULER 84.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.C.2_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_III.C.2_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan 1 merupakan salah satu bentuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bertujuan untuk membantu Sekolah Dasar dengan maksimal Akreditasi B di Indonesia dalam mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi. Salah satu Sekolah Dasar sasaran dalam program ini yaitu SDN 2 Salamerta. Salah satu sekolah di Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Penerjunan mahasiswa pada program ini dimaksudkan untuk membantu adik-adik sekolah dasar untuk mengembangkan kemampuan dan kecakapan hidup yang harus dimiliki. Yang menjadi sorotan penting dalam program ini yaitu mengajarkan siswa literasi dan numerasi. Selain itu, mahasiswa juga memiliki tanggungjawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan motivasi serta minat siswa dalam belajar selama masa pandemi ini.
Hasil dari program ini yakni sebagai bentuk pengalaman dan pengajaran langsung kepada mahasiswa bagaimana situasi dan kondisi di lapangan kerja, saling bersinergi satu sama lain dengan rekan mahasiswa, dan menjadi bentuk peningkatan kompetensi kepribadian yang harus dimiliki oleh generasi muda. Diantaranya kesabaran, keterampilan membina hubungan yang baik dengan siswa, masyarakat dan pihak terkait, mengasah keterampilan berpikir, dan kepekaan sosial terhadap keadaan lingkungan di sekitarnya. Mahasiswa dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan serta saling bertukar pikiran sebagai bentuk kontribusi nyata mahasiswa dalam membantu pendidikan di Indonesia.
Kata Kunci : Mengajar, Adaptasi Teknologi, Karakter, Keterampilan

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Indah Heriyanti
Date Deposited: 06 Jul 2021 20:27
Last Modified: 06 Jul 2021 20:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25633

Actions (login required)

View Item View Item