LAPORAN KULIAH KERJA NYATA REGULER PERIIODE 84 PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DIVISI I.D.1 PELAKSANAAN KEGIATAN PENINGKATAN LITERASI, NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I DI SD NEGERI 9 BATUR

Adiratna, Areta (2021) LAPORAN KULIAH KERJA NYATA REGULER PERIIODE 84 PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DIVISI I.D.1 PELAKSANAAN KEGIATAN PENINGKATAN LITERASI, NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I DI SD NEGERI 9 BATUR. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_I.D.I_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_I.D.I_REGULER 84.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.D.I_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.D.I_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar Angkatan 1 telah dilaksanakan di SD Negeri 9 Batur yang berada di Tlagabang Batur Rt 01 Rw 13 Kec. Batur Kab. Banjarnegara Jawa Tengah selama kurang lebih 3 bulan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peningkatan pembelajaran di masa pandemi, terutama dalam literasi dan numerasi untuk sekolah dasar di daerah 3 T.
Sebelum mahasiswa melaksanakan penugasan, terdapat rangkaian kegiatan pra-penugasan yang terdiri dari Pembekalan, Koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, serta Koordinasi dengan SD. Kemudian setelah melaksanakan rangkaian kegiatan pra-penugasan tersebut, mahasiswa mulai melaksanakan kegiatan penerjunan ke SD sasaran yang dimulai pada tanggal 22 Maret 2021 sampai dengan tanggal 25 Juni 2021.
Program-program dirancang secara berurutan mulai dari observasi sekolah, diskusi antar anggota kelompok Kampus Mengajar, Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Sekolah serta guru khususnya yang bersangkutan langsung dengan kegiatan program yang dirancang. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar dilakukan secara seimbang yang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi di akhir setiap program kegiatan. Hasil yang dicapai dari keseluruhan kegiatan Program Kampus Mengajar diantaranya meningkatkan kualitas pembelajaran dan jiwa kompetitif peserta didik, menggali bakat dan potensi pada peserta didik, membantu adaptasi teknologi bagi guru dan peserta didik serta ikut membantu pengelolaan administrasi sekolah dan guru. Program literasi dan numerasi juga dilaksanakan untuk menumbuhkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini.
Kata kunci: Kampus Mengajar, SD Negeri 9 Batur, Guru, Peserta Didik

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Areta AdiRatna
Date Deposited: 08 Jul 2021 15:00
Last Modified: 11 Jul 2021 04:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25691

Actions (login required)

View Item View Item