Sepenggal Cerita Mahasiswa UAD dalam Program Kegiatan Kampus Mengajar KKN REG 84 di SDN 2 Sumber Katon Lampung Tengah DIVISI III.A.I

Nurhidayati, Elvi (2021) Sepenggal Cerita Mahasiswa UAD dalam Program Kegiatan Kampus Mengajar KKN REG 84 di SDN 2 Sumber Katon Lampung Tengah DIVISI III.A.I. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.A.1_REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR.pdf] Text
JUDUL_III.A.1_REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.A.1_REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR.pdf] Text
ISI LAPORAN_III.A.1_REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan sebagai salah satu kegiatan yang menghasilkan kecerdasan berfikir dan bersikap baik softskill maupun hardskill seseorang. Namun, saat ini dengan adanya wabah Covid-19, pendidikan yang seharusnya dilakukan secara langsung tatap muka tidak dimungkinkan lagi dan kemudian berevolusi menjadi online/daring (dalam jaringan). Seiring dengan perkembangan pendidikan di masa pandemi ini tentu banyak sekali permasalahan yang dihasilkan. Mulai dari hasil belajar yang tidak maksimal, kurangnya interaksi penanaman nilai dari guru ke siswa, berkurangnya kemampuan literasi dan numerasi siswa, guru yang gagap teknologi dalam melakukan pembelajaran daring, dan lain sebagainya. berangkat dari hal ini Kemendikbud Ristek telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mebantu sekolah dasar dalam program kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Saya termasuk dalam salah satu mahasiswa yang beruntung dapat bergabung dengan program ini. Saya ditugaskan di SDN 2 Sumber Katon Lampung Tengah yang berjarak sekitar 10 KM dari rumah. Adapun program-program yang dilakukan dalam Kampus Mengajar yaitu membantu administrasi sekolah, membantu pengajaran literasi dan numerasi, serta adaptasi teknologi. Selama kurang lebih 3 bulan program ini telah dilaksanakan dan banyak rencana program yang telah dilaksanakan. Seperti mengajar di kelas 1-5, melatih literasi dan numerasi melalui kelas tambahan bagi siswa, adaptasi teknologi terhadap aplikasi-aplikasi penunjang pembelajaran online, mengenalkan alat-alat computer dan proyektor, membanu administrsi sekolah baik online ataupun offline dan lain sebagainya. Adapun penyusunan laporan ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, analisis lapangan, dan ikut andil dalam proses pembelajaran.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: ELVI NURHIDAYATI
Date Deposited: 12 Jul 2021 15:59
Last Modified: 12 Jul 2021 15:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25751

Actions (login required)

View Item View Item