KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN DIVISI I.B.3 TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Adiva Salma, Nihayah Majid (2021) KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN DIVISI I.B.3 TAHUN AKADEMIK 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_I.B.3_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_I.B.3_REGULER 84.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.B.3_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.B.3_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid 19 menyebar sejak akhir tahun 2019 hingga kini di beberapa wilayah dengan masa berbeda, terhitung 193 negara telah berjuang melawan serangan Covid yang tidak pandang bulu. Wuhan adalah salah satu kota di China sebagai tempat domisili penderita covid yang pertama kali ditemukan sebelum virus ini berstatus pandemi. Berita dan informasi pergerakan penyebaran virus tersebut telah mewarnai berbagai laman media karena jalur sebarannya kian hari semakin massif.
COVID-19 tidak hanya berdampak pada sektor pemerintahan, melainkan dengan pendidikan juga. Pelaksaan sistem pembelajaran pada satuan pendidikan mengalami perubahan bentuk operasional yang digeneralisasi melalui kebijakan pembelajaran dan mengikut pada kebijakan sosial, yaitu instruksi social distancing hingga berujung pada himbauan lockdown. Respon masyarakat terhadap kebijakan tersebut sangat variatif, pada awalnya terbatas pada kondisi sensitisasi. Aspek tersebut adalah perubahan yang dilahirkan oleh pembatasan sosial tersebut. Menilik teori generalisasi dan diskriminasi maka respon tersebut terpetakan secara alami.
Program kampus mengajar meruakan salah satu program yang dirancang oleh pemerintah untuk membantu para guru khususnya di Sekolah Dasar dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring maupun luring di sekolah. SDIT Amalia yang berada di desa Podourip Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen ini juga menjadi salah satu sekolah sasaran Kampus mengajar. Para mahasiswa yang yang diterjunkan dalam program Kampus Mengajar ini diharapkan dapat membantu meringankan beban para guru dalam mengajar terutama pada saat pandemi COVID-19. Selain itu, mahasiswa memiliki tanggungjawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemi Covid-19.
Kata kunci: Kampus mengajar,Pandemi, Minat Belajar.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Adiva Salma Nihayah Majid
Date Deposited: 12 Jul 2021 05:02
Last Modified: 12 Jul 2021 05:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25773

Actions (login required)

View Item View Item