LAPORAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 DI SD ISLAM FAUZAN AKBAR KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Ayu, Niken (2021) LAPORAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 DI SD ISLAM FAUZAN AKBAR KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of judul_Reguler_84_I.B..pdf] Text
judul_Reguler_84_I.B..pdf

Download (4MB)
[thumbnail of ISI LAPORAN _I.B.2._REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN _I.B.2._REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah pada proses Mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi. Selain itu, mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemic ini.Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Kampus mengajar yang barau dibuat oleh Kemendikbud yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar di berbagai Desa/Kota, salah satunya adalah SD Islam Fauzan Akbar yang bertempat di Kelurahan Margototo Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur . Data Kemendikbud menggambarkan masih banyak sekolah di daerah 3T yang membutuhkan bantuan para pendamping guru untuk membantu para guru dalam proses belajar mengajar. Sebelum dilaksanakannya program kampus mengajar ini, di dahului dengan program Kampus Mengajar Perintis (KMP), yang hanya dilaksanakan di beberapa wilayah saja. Program kampus mengajar perintis memberikan hasil yang positif dalam membantu pihak sekolah dalam proses mengajar, adaptasi teknologi, administrasi. Atas pencapaian tersebut maka program kampus mengajar ini dibuat dengan ruang lingkup yang lebih luas dan tersebar di seluruh bagian Indonesia khususnya daerah yang masuk ke dalam kategori 3T tersebut. Hasil dari program kampus mengajar di SD Islam Fauzan Akbar bahwa penerapan dan pembelajaran literasi dan numerai di sekolah dapat dikatakan ada kemajuan dengan pembelajaran secara home visit. Meskipun masih berada di bawah tujuan yang hendak dicapai. Para guru juga sudah mulai dapat beradaptasi dengan teknologi melalui aplikasi AKSI, Google form, dan menggunakan video pembelajaran. Meskipun tidak dapat mengikuti dengan cepat, dan sekolah juga terbantu dalam administrasi sekolah dengan terbaharuinya data guru dan siswa di DAPODIK, dan merekapitulasi nilai siswa kedalam raport. Kata Kunci : Kampus Mengajar, Wilayah 3T, Mengajar, Adaptasi Teknologi, Administrasi Sekolah

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Niken Ayu
Date Deposited: 14 Jul 2021 05:41
Last Modified: 14 Jul 2021 05:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/25883

Actions (login required)

View Item View Item