LAPORAN AKHIR PROGRAM KAMPUS MENGAJAR I (KKN REGULER KE-84) PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DI SD NEGERI BOJONG 02 TEGAL, DIVISI I.B.3

Alif Farisqi, Bayu (2021) LAPORAN AKHIR PROGRAM KAMPUS MENGAJAR I (KKN REGULER KE-84) PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DI SD NEGERI BOJONG 02 TEGAL, DIVISI I.B.3. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_I.B.3_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_I.B.3_REGULER 84.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.B.3_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.B.3_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sedang membutuhkan bantuan dari berbagai pihak untuk bergerak
secara sinergis mensukseskan pendidikan nasional. Gerakan ini dapat dilakukan oleh
siapapun termasuk mahasiswa untuk membantu sekolah, khususnya jenjang Sekolah
Dasar untuk memberikan kesempatan belajar optimal kepada semua peserta didik
dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemi. Berdasarkan hal tersebut, Mentri
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim
mencetuskan program Merdeka Belajar Kampus Mengajar yang bertujuan untuk
melayani kebutuhan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Program kampus
mengajar merupakan salah program merdeka belajar yang melibatkan mahasiswa di
seluruh indonesia untuk berkontribusi sebagai agen perubahan untuk tantangan
pendidikan di Indonesia, khususnya dimasa pandemi ini. Mahasiswa akan di
terjunkan di sekolah dasar di berbagai daerah indonesia pilihan kemendikbud salah
satunya adalah SD Negeri Bojong 02 yang berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan
Bojong, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Mahasiswa yang terlibat
melaksanakan program ini memiliki tanggung jawab menjadi mitra guru untuk
berinovasi dalam membantu pembelajaran, adaptasi teknologi maupun membantu
administrasi sekolah. Dengan mengikuti program ini diharapkan mahasiswa dapat
mengasah keterampilan-keterampilan yang telah didapatkan di bangku perguruan
tinggi untuk di praktekan di sekolah seperti melatih kmunikasi, kepemimpinan,
kreativitas, pemecahan masalah, empati serta dapat melakukan inovasi. Dengan
tergabung dalam program ini mahasiswa juga dapat bekerja sama lintas bidang ilmu
dengan teman sejawat dalam satu kelompok untuk memecahkan suatu masalah yang
dihadapi, mengembangkan pengetahuan, karakter dan juga soft skill mahasiswa. Hal
ini tentunya dapat mendorong dan meningkatkan pembangunan nasional dengan
menumbuhkan motivasi kepada siswa dan siswi yang ada di lingkungan sekolah.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: BAYU ALIF FARISQI
Date Deposited: 13 Jul 2021 17:18
Last Modified: 13 Jul 2021 17:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26339

Actions (login required)

View Item View Item