PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN PERTAMA DI SD IT AL-I'TISHAM SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL DEVISI II.C.3 PERIODE 84 TAHUN 2021

Wulandari, Eni (2021) PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN PERTAMA DI SD IT AL-I'TISHAM SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL DEVISI II.C.3 PERIODE 84 TAHUN 2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_II.C.3_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_II.C.3_REGULER 84.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.C.3_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.C.3_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar angkatan pertama ini merupakan salah satu bentuk kegiatan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM, yang berupa kegiatan mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar di daerah-daerah 3T atau sekolah dengan akreditasi yang masih rendah. Salah satunya adalah SD It Al-I’tisham Saptosari yang terletak di desa Klepu, Kelurahan Planjan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Mahasiswa yang mengikuti program ini bertanggung jaawab untuk membantu pihak sekolah dalam meningkatkan literasi dan numerasi, membantu proses pembelajaran, membantu adaptasi teknologi dan membantu administrasi sekolah serta guru. Selain itu mahasiswa yang sudah ditempatkan di SD sasaran juga memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar peserta didik kembali, terutama di era pandemic Covid-19 saat ini.
Melalui program Kampung Mengajar angkatan pertama ini diharapkan mahasiswa mampu peka terhadap permasalahan pendidikan saat ini. Selain itu sebagai penanaman nilai empati dan kepekaan social pada diri mahasiswa, dapat mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, mengembangkan wawasan, karakter dan Soft Skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.
Kata Kunci: Kampus Mengajar angkatan pertama, Mahasiswa, Pendidikan.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Eni Wulandari Eni Wulandari
Date Deposited: 13 Jul 2021 17:48
Last Modified: 13 Jul 2021 17:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26344

Actions (login required)

View Item View Item