KKN PERIODE-84 PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I TAHUN 2021 SD N KARANGASEM 3 TANON KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH DIVISI I.B.1

ZULFA ABDIKA, MUHAMMAD (2021) KKN PERIODE-84 PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN I TAHUN 2021 SD N KARANGASEM 3 TANON KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH DIVISI I.B.1. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_ I.B.1_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_ I.B.1_REGULER 84.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.B.1_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.B.1_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 merupakan salah satu kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa pemberdayaan mahasiswa dalam rangka membantu pembelajaran di masa pandemi terutama untuk Sekolah Dasar (SD) di daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan). Sekolah yang menjadi sasaran Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 adalah sekolah dasar yang memiliki akreditasi paling tinggi B. Program ini dilakukan secara daring dan luring sesuai dengan kondisi sekolah penempatan. Salah satu sekolah dasar penempatan Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 yaitu SD N Karangasem 3 Durasi pelaksanakan program adalah 3 (tiga) bulan dimulai dari tanggal 22 Maret 2021 hingga 25 Juni 2021. Program Kampus Mengajar dilaksanakan mahasiswa berasal dari seluruh Indonesia dan ditempatkan di berbagai tempat sesuai domisili masing-masing. Adapun penulis melaksanakan program Kampus Mengajar ini secara luring pada jam kerja sekolah di SD Negeri Karangasem 3 yang beralamatkan di desa Plosokerep, Karangasem, Tanon, Sragen. Capaian program Kampus Mengajar ini berupa Log Book, Laporan Harian, Laporan Mingguan, Laporan Awal dan Laporan Akhir. Kegiatan yang kami lakukan berupa membantu pembelajaran, adaptasi teknologi, serta administrasi sekolah dan guru. Selama menjalani program Kampus Mengajar terdapat beberapa kendala kecil namun dapat terselesaikan dengan baik yang berarti dan secara keseluruhan telah menemui jalan keluar yang terbaik.
Hasil dari program ini antara lain: penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan kemasyarakatan yang ada di sekitarnya; mengembangkan wawasan, karakter, dan softskill mahasiswa; mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi; mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan,; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional. Selain itu, efektivitas pembelajaran dan minat belajar siswa di SD N Karangasem 3 menjadi meningkat.
Kata Kunci: Kampus Mengajar Angkatan 1, efektivitas pembelajaran, minat belajar siswa.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Biology (S1-Biologi)
Depositing User: Muhammad Zulfa Abdika
Date Deposited: 13 Jul 2021 18:08
Last Modified: 13 Jul 2021 18:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26360

Actions (login required)

View Item View Item