PELAKSANAAN KKN PERIODE REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR I TA 2020 2021 PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI DAN NUMERASI, ADMINITRASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SD NEGERI 2 PASEGERAN KABUPATEN BANJARNEGARA DIVISI II.C.3

Mubarok, Maulid Dhiyai (2021) PELAKSANAAN KKN PERIODE REGULER 84 KAMPUS MENGAJAR I TA 2020 2021 PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI DAN NUMERASI, ADMINITRASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SD NEGERI 2 PASEGERAN KABUPATEN BANJARNEGARA DIVISI II.C.3. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_II.C.3_REGULER 84.pdf] Text
JUDUL_II.C.3_REGULER 84.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.C.3_REGULER 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.C.3_REGULER 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy

Abstract

Program kampus mengajar Angkatan 1 merupakan sebuah program lanjutan dari kampus mengajar perintis dimana program ini adalah salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa sebuah asistensi dalam mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran dalam lingkup sekolah dasar di seluruh Indonesia terutama pada daerah 3T. Salah satunya adalah SD Negeri 2 Pasegeran yang berlokasi di Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Melalui program kampus mengajar ini mahasiswa dituntut untuk berkolaborasi bersama guru menciptakan sebuah system pembelajaran yang dapat meningkatkan sumber daya manusia, selain itu juga mahasiswa dapat membantu kepala sekolah atau guru untuk membantu adaptasi teknologi, dan administrasi. Selain itu juga mahasiswa memiliki tanggung jawab dalma memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemic ini.
Hasil yang diperoleh dari program ini adalah munculnya aspek kepekaan sosial dan empati pada diri mahasiswa terhadap permasalahan Pendidikan Indonesia dan kehidupan masyarakat, mengasah keterampilan berpikir dan dapat menciptakan inovasi dengan bekerja sama dan berkolaborasi dengan rekan dari lintas bidang ilmu, mengembangkan wawasan, karakter, dan softskill, selain itu juga dapat memotivasi untuk meningkatkan peran dan kontribusi yang nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.
Kata Kunci : Kampus Mengajar, MBKM, inovasi, pembangunan nasional.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Maulid Dhiyai Mubarok
Date Deposited: 15 Jul 2021 14:48
Last Modified: 15 Jul 2021 14:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26441

Actions (login required)

View Item View Item