Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi IV.A.I Tahun 2021 Program Kampus Mengajar Angkatan I

Situmeang, Anleny (2021) Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi IV.A.I Tahun 2021 Program Kampus Mengajar Angkatan I. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_IV.A.I_KKN KM 84-dikonversi.pdf] Text
JUDUL_IV.A.I_KKN KM 84-dikonversi.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_IV.A.I_KKN KM 84-dikonversi.pdf] Text
ISI LAPORAN_IV.A.I_KKN KM 84-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dan menyebar di Indonesia telah berdampak pada setiap sektor pembangunan khususnya pada sektor pendidikan. Pada saat ini proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah hanya secara daring atau jarak jauh menyesuaikan kondisi peningkatan yang sudah terpapar virus Covid-19. Namun, selama pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru dan peserta didik belum sepenuhnya efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya kesempatan bagi siswa dalam mengasah kemampuan interpersonal dan kepemimpinan.
Dalam menyikapi permasalahan diatas, Pemerintah mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana program tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk ikut berkontribusi dalam menyalurkan bantuan untuk membantu sektor pendidikan. Kampus mengajar merupakan bagian dari program kampus merdeka yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari setiap universitas dan latar belakang pendidikan yang ada di Indonesia. Program kampus mengajar ini merupakan program angkatan pertama yang dilaksanakan dan dikhususkan membantu pada jenjang SD khususnya di daerah 3T.
Program Kampus Mengajar Angkatan 1 memiliki tujuan utama, yakni memberdayakan mahasiswa untuk membantu proses pembelajaran di sekolah dasar berbagai desa kota dan kabupaten di tempat tinggalnya. Selain itu, program tersebut dilaksanakan guna upaya meningkatkan kompetensi, baik soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan relevan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkarakter.
Kata Kunci : Kampus Mengajar, Sekolah Dasar, Membantu Pembelajaran

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-English Letters(S1-Sastra Inggris)
Depositing User: Anleny Situmeang
Date Deposited: 16 Jul 2021 00:18
Last Modified: 16 Jul 2021 00:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26455

Actions (login required)

View Item View Item