Laporan akhir Penelitian Pengembangan Buku Panduan Practicum on Tourism (PoT)

Effendi, Muh. Saeful and Khafidhoh, Khafidhoh (2021) Laporan akhir Penelitian Pengembangan Buku Panduan Practicum on Tourism (PoT). universitas ahmad dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of 1. LAPORAN PT Muh Saeful Effendi.pdf] Text
1. LAPORAN PT Muh Saeful Effendi.pdf

Download (234kB)

Abstract

A. RINGKASAN: Ringkasan penelitian berisi: (i) latar belakang penelitian, (ii) tujuan dan tahapan metode penelitian, (iii) luaran yang ditargetkan, serta (iv) uraian TKT penelitian yang diusulkan. Yogyakarta merupakan kota Pariwisata. Prodi PBI UAD menangkap peluang tersebut dengan mengembangkan mata kuliah berbasis pariwisata, yaitu English for Tourism. Tujuan awal dari penelitian ini ialah mengembangkan buku panduan Practicum on Tourism (PoT), namun karena ada perubahan kurikulum di prodi PBI UAD, tujuan penelitian ini bergeser untuk mengembangkan worksheet pendamping buku ajar mata kuliah English for Tourism di prodi PBI UAD. Oleh karena itu, penelitian ini dikategorikan kedalam penelitian dan pengembangan. Ada beberapa langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini, yaitu melakukan analisis kebutuhan, membuat desain, mengembangkan, memvalidasi, dan merevisi buku yang dikembangkan. Implementasi serta evaluasi penggunaan buku tersebut batal dilakukan akibat pandemi. Selanjutnya, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan wawancara dan angket. Panduan wawancara digunakan saat melakukan analisis kebutuhan, sedangkan angket digunakan saat validasi dan evaluasi buku panduan. Ada dua tipe data yang didapat dari penelitian ini, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalisis menggunakan skala Likert dan prosentase kriteria keterpakaian. Buku didesain dan direvisi berdasarkan data yang akan diperoleh. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini berupa buku dan artikel ilmiah. Oleh karena itu, penelitian ini termasuk dalam skala TKT 6.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-English Education (S1-Pendidikan Bahasa Inggris)
Depositing User: Mr muh saeful effendi
Date Deposited: 16 Jul 2021 00:26
Last Modified: 16 Jul 2021 00:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26471

Actions (login required)

View Item View Item