Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi I.B.3 Tahun 2021 Program Kampus Mengajar Angkatan I Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri 35 Sanggeng, Manokwari, Papua Barat Tahun 2021

Suprianto, Dyah Kumalasari (2021) Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Periode 84 Divisi I.B.3 Tahun 2021 Program Kampus Mengajar Angkatan I Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri 35 Sanggeng, Manokwari, Papua Barat Tahun 2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_1.B.3_Reguler 84.pdf] Text
JUDUL_1.B.3_Reguler 84.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_1.B.3_Reguler 84.pdf] Text
ISI LAPORAN_1.B.3_Reguler 84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kampus Merdeka merupakan sebuah kebijakan yang diciptakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam upaya mendorong para mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna saat memasuki dunia kerja nanti. Salah satu program dar kebijakan Kampus Merdeka adalah Kampus Mengajar. Kampus Mengajar adalah salah satu program Kampus Merdeka yang dilaksanakan selama tiga bulan mengajar di berbagai wilayah di Indonesia mulai dari tanggal 22 Maret – 25 Juni 2021 yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu sekolah-sekolah memberikan pelayanan pendidikan yang optimal tehadap kepada peserta didik pada jenjang Sekolah Dasar (SD). SD Negeri 35 Sanggeng, Manokwari, Papua Barat menjadi salah satu Sekolah Dasar yang terpilih menjadi tempat pengabdian mahasiswa selama tiga bulan. Kegiatan selama pengabdian yaitu mengajar, membantu adaptasi teknologi dan administrasi di sekolah. Kegiatan mengajar yang mahasiswa lakukan disana adalah secara daring dengan bantuan media interaktif yang mengajarkan pembelajaran tematik. Kegiatan dalam membantu adaptasi teknologi dilakukan dengan membuat modul dan video tutorialnya mengenai cara membuat PDF, menggunakan Kahoot, Duolingo, Canva, Quizizz dan manajemen tugas melalui Google Drive. Dalam kegiatan administrasi mahasiswa membantu dalam pengumpulan PR siswa dan melakukan penilaian.
Adapun hal-hal lain yang dilakukan adalah membuat video mengenai kesehatan promosi yang diberikan kepada orang tua dan wali kelas sebagai upaya pengenalan pentingnya kesehatan promotif di Indonesia.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > FKM Doc
Depositing User: Dyah Suprianto
Date Deposited: 16 Jul 2021 00:36
Last Modified: 16 Jul 2021 00:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/26476

Actions (login required)

View Item View Item